Masuk Tiga Besar Lomba Hijau dan Bersih

0
912

masukGENTENG – Desa Genteng Kulon, Kecamatan Gen teng, masuk nominasi desa terbaik dalam lomba desa hijau dan bersih tahun 2013 ini. Sam pai saat ini, desa yang dipimpin Kepala Desa (Kades) Darwinarko tersebut kini sudah menempus tiga besar.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam lomba yang digagas Pemkab Banyuwangi itu, nominasi tiga besar itu khusus da lam kategori kantor desa. Selain itu, desa ter sebut juga mampu meraih hasil positif da lam kategori lingkungan. Di kategori ini, ling kungan RT 08, RW 01, Dusun Krajan, juga siap meraih jawara.

Kades Darwinarko mengungkapkan, kondisi kan tor dan lingkungan desa yang bersih dan hi jau memang menjadi perhatiannya selama ini. Oleh karena itu, kebersihan tersebut bukan se mata-mata menghadapi perlombaan. Dia menjelaskan, kebersihan menjadi bagian dari kekompakan warga desa yang berjumlah sekitar 20 ribu jiwa itu.

Loading...

Sebab, jika h a nya dilakukan oleh para aparatur desa, maka niscaya kebersihan tersebut ti dak akan ter wujud. ’’Kita terus mendorong ke pada masya rakat untuk cinta kebersihan,’’ tu turnya. Kebersihan itu memang tidak lepas dari peran masyarakat. Karena itu, masyarakat juga berhasil mengolah sampah untuk di ja dikan mencari rezeki. ’’Sampah diubah men jadi aluminium foil. Tentu itu sangat mem berdayakan,’’ terang Darwinarko.

Dia mengulas, mayoritas masyarakat siap membantu dan mendukung segala pro gram pembangunan pemerintah. Apalagi, keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar. ’’Ba nyak masyarakat yang diuntungkan. Sam pai sekarang, RTH terus ramai,’’ terangnya. Karena intensitas kunjungan masyarakat te r us meningkat, maka akan berimplikasi terhadap sampah.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2