Mayoritas Hotel Penuh

0
144

mayoritasSEMENTARA itu, Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan umat Hindu di Bali membawa berkah bagi pengelola hotel di Bumi Blambangan. Selama hari raya ter sebut, jumlah tamu hotel di Banyuwangi naik hingga seratus persen. Warga asal Bali yang tidak ikut merayakan Nyepi ternyata banyak yang menyeberang ke Jawa. Tidak sedikit tamu yang memborong kamar hotel di Kota Gandrung.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Tamu hotel ada peningkatan cukup tinggi,” ujar Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi, Djoko Subandrio, kemarin (12/3). Menurut Djoko, hotel di Banyu wangi sudah kebanjiran tamu sejak Sabtu lalu (9/3). Hari itu warga dari Bali mulai menyeberang ke Jawa. “Setiap akan Nyepi, warga Bali banyak yang ke Jawa,” jelasnya .

Warga yang datang dari Bali itu, jelas dia, sebagian besar merupakan orang Jawa yang be kerja di sana. Di antara yang menyeberang itu juga ada turis asing. “Semua hotel di Ketapang (Kecamatan Kalipuro) dan Banyuwangi sejak Sabtu (9/3) tamunya naik 80 persen hingga 90 persen,” kata manajer Hotel Ajeem Genteng itu. Tamu hotel semakin naik pada Minggu (10/3) dan Senin lalu (11/3).

Selama dua hari itu, tamu di hotel sekitar Ketapang dan Banyuwangi naik hingga se ratus persen. “Hotel di Jajag (Kecamatan Gambiran) dan di Kecamatan Genteng juga naik cukup signifikan,” cetusnya. Djoko menyebut, okupansi hotel di Jajag dan Genteng naik sejak Sabtu lalu. Hanya, kenaikan tingkat hunian ho tel tersebut tidak sebanyak di Kecamatan Ketapang dan Banyuwangi. Minggu (10/3) dan Senin kemarin (11/3) kenaikan tamu hotel di Jajag dan Genteng mencapai 90 persen.

“Mereka menginap di hotel di wilayah Jajag dan Genteng karena se mua hotel di Banyuwangi sudah penuh,” katanya. Melonjaknya tamu yang menginap di hotel tersebut ternyata juga dimanfaatkan sejumlah pengelola hotel untuk menaikkan tarif. Selama Hari Raya Nyepi, beberapa hotel me naikkan tarif kamar antara 50 persen hingga 75 persen. “Tarif memang naik hingga 75 per sen,” cetusnya. Kenaikan jumlah tamu hotel di Banyuwangi akibat Nyepi di Bali itu diprediksi akan berlangsung hingga Kamis (14/3) mendatang. Warga beberapa kota di Jatim yang akan kembali ke Bali biasanya akan transit di Banyuwangi. “Tren tingginya tamu hotel itu diprediksi berlangsung sampai Kamis besok,” ka tanya. (radar)

Loading...