Nasi Lemang Empat Rasa Mampu Menarik Lidah

0
360
Ada empat rasa nasi lemeng yang bisa dipilih untuk menggoyang lidah anda.

KHASANAH Banyuwangi sebagai daerah kaya kuliner akan bertambah lagi. Satu diantara delapan Desa di Kecamatan Licin, yakni Desa Banjar memiliki kuliner khas, yaitu nasi lemang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nasi lemang ini biasanya dihidangkan khusus pada acara tertentu di Desa Banjar. Namun seiring tingkat pariwisata Banyuwangi yang mulai menggeliat, maka nasi lemang ini sudah bisa dicicipi setiap saat.

Berbeda dari nasi pada umumnya, nasi lemang memiliki rasa yang lebih gurih dan teksturnya sedikit kenyal serta lengket. Hampir mirip dengan tekstur lemper. Bentuknya pun unik. Nasi lemang berbentuk tabung, hampir persis dengan bentuk lemper namun berukuran jumbo. Saat dihidangkan, nasi lemang masih terbungkus dengan daun pisang yang proses olahannya dibakar.

Bahan dasar nasil lemang ini adalah beras ketan. Proses memasaknya cukup unik dan tidak biasa karena setelah beras ketan dicampur dengan santan. Cara penyajian nasi lemang ini sangat unik, didalam nasi lemang tersebut ada beberapa olahan yang menarik lidah.

Setidaknya ada empat pilihan rasa, yakni ayam, daging, jamur dan ikan tuna. Saat dihidangkan pun ada tambahan disamping kanan kiri piring yang terbuat dari lidi tersebut. Seperti telor dadar orat arit, kacang, teri asin, serta sambal.  “Penasaran bagaimana rasanya? Untuk harga seporsi harganya mulai Rp 13 ribu,” kata istri Kepala Desa Banjar, Harisun Nurhariri.(radar)

Loading...