Omzet Umbul-umbul Agutusan Seret

0
202
MERAH PUTIH: Pedagang musiman bendera dan umbul-umbul bernuansa Agustusan di tepi Jalan Satsuit Tubun Banyuwangi kemarin.

BANYUWANGI – Para pedagang musiman bendera dan umbul-umbul Agustusan pesimistis omzet penjualan tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Gara-garanya, banyak kegiatan Agustusan yang molor dari jadwal. Ika, seorang penjual umbul-umbul musiman mengakui, pembelian aksesori Agustusan belum sesuai harapan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Karena ada beberapa kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan usai Lebaran bulan depan.’’Pembelian bendera dan umbu-umbul dari konsumen masih cenderung sepi sampai pertengahan bulan Juli ini,’’ ujar pedagang musiman yang mangkal di tepi Jalan Satsuit Tubun tersebut kemarin (18/7).

Loading...

Tidak tanggung-tanggung, penurunan pembelian bendera dan umbul-umbul dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai 50 persen. “Sejak tiga hari terakhir, rata- rata penjualan yang saya raih sebesar Rp 1,5 juta per hari. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, pendapatan saya bisa mencapai Rp 3 juta sam pai Rp 4 juta per hari,” paparnya.

Menurut Ika, sejak beberapa hari terakhir pembelian bendera umbul-umbul didominasi oleh pegawai pemerintah. Bendera dan umbul-umbul itu akan di pasang di kantor instansi masing-masing. “Masyarakat umum belum banyak yang beli. Pembelian masih didominasi pegawai pemerintah, terutama yang bertugas di daerah pinggiran Banyuwangi,” paparnya.

Dijelaskan, jenis barang yang paling diburu konsumen adalah umbul-umbul jenis rumbai- rumbai yang dipasarkan seharga Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu per unit. Sejak sepuluh hari menjelang Idul Fitri, dia akan menutup sementara dagangannya.

Nah, jika ternyata banyak kegiatan Agustusan yang digelar usai Lebaran, dia akan kembali berjualan. “Sejak H-10 Lebaran, saya akan berjualan taplak, keset, dan lain-lain. Tetapi kalau ke giatan Agustusan yang digelar se telah Lebaran masih banyak, saya akan jualan umbul-umbul lagi,” jelasnya.(radar)

Loading...