Order Kopiah Meningkat 300 Persen

0
222

orderGENTENG – Produksi busana muslim selama Ramadan ini mengalami peningkatan pesat, tidak terkecuali produksi kopiah putih. Dibanding hari biasa, pesanan kopiah meningkat hingga tiga kali lipat. Salah satu karyawan pembuat kopiah, Saekoni, 20, mengatakan, perusahaan tempatnya bekerja di Dusun Cangaan, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, itu memproduksi 400 kopiah per hari. “Selama Ramadan ini meningkat 300 persen,” katanya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Dari jumlah yang diproduksi itu, jelas dia, permintaan terbesar berasal dari Jakarta, Surabaya, dan Jember. Guna menyiasati permintaan yang naik drastis itu, para pekerja diberi tambahan jam kerja. “Kita kerjanya sampai lembur,”cetusnya. Menurut Saekoni, meski ada peningkatan permintaan hingga tiga kali lipat, perusahaannya tidak menambah tenaga kerja. 

Sebab, proses produksi kopiah itu memakai sistem pasangan dan karyawan yang bekerja sudah menjadi kesatuan.  “Kita ini kerja tim, salah satu berhalangan nanti malah menghambat,” dalihnya. Saekoni menyebut, persaingan produksi kopiah cukup tinggi. Selama ini yang menjadi saingan terberat adalah produsen dari Pasuruan. Selain harga, kerapian menjadi salah satu faktor yang dibandingkan oleh pasar. “Kita adu kerapian,” katanya. (radar)

Loading...