Pantai Boom Disulap Mirip Jimbaran

0
180

BANYUWANGI- Pemkab Banyuwangi akan segera menyulap kawasan Pantai Boom menjadi pusat wisata. Semua bangunan yang ada di sekitar kawasan tersebut akan ditertibkan. Sebagai langkah awal pengembangan Pantai Boom, Bupati Abdullah Azwar Anas menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Wangi di aula Rempeg Jogopati kemarin (17/4).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pihak PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Wangi diwakili General Manager, Bangun Swastanto. Kerja sama pengembangan kawasan wisata Pantai Boom yang diteken itu meliputi pengembangan objek wisata Pantai Boom, serta pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur penunjang pariwisata pantai tersebut. Kerja sama ketiga adalah pengembangan dan penataan industri kecil dan menengah di Pantai Boom.

Kerja sama keempat, pengembangan transportasi penunjang pariwisata pantai. “Kita sudah 2,5 tahun merancang kerja sama dengan Pelindo, tapi baru berhasil direalisasikan hari ini,” kata Bupati Anas. Selama ini, pemkab tidak bisa berbuat banyak atas kondisi Pantai Boom. Hal tersebut karena terbentur terbatasnya kewenangan mengembangkan kawasan itu. Kawasan Pantai Boom menjadi kewenangan penuh BUMN PT Pelabuhan Indonesia III (Persero).

Karena itu, pemkab menganggap penting melakukan kerja sama guna mengembangkan wisata Pantai Boom. “Setelah kerja sama ini kita teken bersama, pemerintah daerah akan langsung action menata dan pengembangan kawasan wisata Pantai Boom,” katanya. Langkah pertama, kata Anas, adalah membentuk tim kecil yang terdiri dari atas tim pemerintah daerah dan tim PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Wangi.

Tugas tim tersebut adalah melakukan kajian secara komprehensif rencana pengembangan wisata kawasan Pantai Boom. Selain melakukan kajian, tim kecil itu juga melakukan pengendalian di kawasan tersebut. Pengendalian itu perlu dilakukan agar rencana pengembangan kawasan wisata Pantai Boom berjalan lancar. Tim kecil itu juga memiliki tugas mendata semua aktivitas di kawasan Pantai Boom. “Selama bertahuntahun kawasan Pantai Boom itu jadi kawasan yang kumuh. Kita harus segera ubah Pantai Boom menjadi kawasan yang indah, bersih, nyaman, dan aman,” katanya.

Menurut Anas, kerja sama dengan PT Pelindo III merupakan sinergisitas dalam meningkatkan pembangunan Banyuwangi “Dalam waktu dekat kita akan membersihkan kawasan Pantai Boom dan melibatkan semua warga di sekitar kawasan itu,” ujarnya. Selain itu, pemkab juga akan memasang lampu penerangan di sekitar Pantai Boom. Selama ini, pada malam hari, Pantai Boom gelap karena tidak ada lampu penerangan yang memadai.

General Manager PT Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto mengatakan, pihak nya sudah menyiapkan beberapa program untuk mengembangkan kawasan wisata Pantai Boom. Secara prinsip, PT Pelindo III mendukung penuh upaya pemkab mengembangkan kawasan wisata Pantai Boom. PT Pelabuhan Indonesia III, kata Bangun, memproyeksikan kawasan Pantai Boom seperti pantai Jimbaran, Bali.

Karena itu, PT Pelindo III akan all out mendukung program pengembangan kawasan wisata Pantai Boom. Dukungan PT Pelindo III tidak hanya pada pengembangan darat. Pihaknya juga berencana mendatangkan kapal wisata yang siap sandar di sekitar Pantai Boom. “Setelah kerja sama ini diteken, kita akan tindak lanjuti dengan perjanjian kerja sama,” kata Bangun. Kata Bangun, pihaknya tidak akan mengeluarkan izin bangunan baru berdiri di sekitar Pantai Boom. “CSR akan difokuskan untuk mengembangkan kawasan wisata Pantai Boom,” katanya. (radar)

Loading...