Pap Smear Gratis Peserta BPJS hampir Berakhir

0
165

papGENTENG- Layanan pap smear gratis di Rumah Sakit Al Huda (RSAH) akan berakhir pada Desember 2014. Sampai saat ini, puluhan wanita peserta BPJS kesehatan telah mengikuti tes pap smear. Layanan pap smear gratis di RSAH ini merupakan program BPJS kesehatan yang telah mulai pada Juni 2014. Kepala bidang pelayanan medis RSAH, dr. Suryadinata menjelaskan layanan yang diperuntukkan bagi peserta BPJS kesehatan wanita yang sudah menikah dan berusia di atas 30 tahun.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Banyak dimanfaatkan terutama oleh karyawati. Tampaknya, para ibu yang tidak aktif bekerja belum menyadari manfaat dari tes ini, “Sampai saat ini, dari seluruh peserta yang mengikuti screening hampir 100 persen wanita yang aktif bekerja atau karyawati,” terang dr. Suryadinata. Dikatakan, tes pap smear merupakan test screening atau deteksi dini kanker serviks yang sangat penting untuk wanita, terutama yang sudah menikah dan sudah pernah melakukan hubungan suami istri. 

“Screening bertujuan untuk mendeteksi secara dini perubahan-perubahan   leher rahim sebelum adanya gejala kanker serviks, sehingga pencegahan dan perawatan akan menjadi lebih efektif,” katanya. Kebanyakan para ibu yang melakukan tes pap smear ini menyampaikan bahwa mereka sudah sejak lama ingin mengikuti tes tetapi merasa takut. Hal itu, jelas dia, karena pernah mendengar kalau melakukan pemeriksaan itu pasti akan terasa sakit pada saat pengambilan sample.

“Sebetulnya tidak ada masalah ketika para ibu akan menjalani tes pap smear ini, karena tidak ada rasa sakit yang menyertai pada saat pengambilan sample, itu hanya perasaan para ibu saja,” ungkapnya. Seperti yang disampaikan Bangkit Eko Palupi, 49, salah seorang guru SMPN 3 Siliragung yang sudah empat kali melakukan pap smear.“Kebanyakan para ibu ngeri  membayangkan pemeriksaan ini, ada yang mengatakan takut waktu diperiksa, ada juga yang mengatakan takut mengetahui hasilnya. 

Saya sengaja mengajak teman- eman sesama guru untuk melakukan tes pap smear bersama agar berani dan tidak khawatir lagi,” ujarnya. Sriani, 49, salah seorang peserta yang juga guru SMPN 3 Siliragung menyampaikan, pemeriksaan pap smear itu ternyata tidak sakit. Bila mengerti tidak sakit, guru itu menyampaikan akan periksa sejak dulu.

“Baru tahu sekarang, kalau tahu tidak sakit, ya akan periksa sejak dulu,” cetusnya. Mengingat betapa pentingnya pemeriksaan pap smear bagi para ibu, selagi masih ada waktu hingga akhir tahun ini, bagi peserta BPJS kesehatan untuk memanfaatkan layanan pap smear gratis ini dengan sebaik-baiknya. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi RS Al Huda di 0333-842034 ext 317, atau datang langsung untuk mendaftarkan diri ke RSAl-Huda Genteng jalan raya Gambiran nomor 225, Genteng, Banyuwangi. (radar)

Loading...