Pasar Masih Kumuh, Perumahan Belum Peduli Lingkungan Sehat

0
320
Loading...

Sebagian besar sekolah masih belum memiliki tempat pembuangan sementara (TPS) yang ideal. Karena belum memiliki TPS, maka tim adipura berkesimpulan sampah dapat dibuang sembarang tempat. Evaluasi tim itu harus menjadi perhatian pihak sekolah untuk melakukan pembenahan secara sungguh-sungguh pada tahun 2012.

Sedangkan lingkungan perumahan, tim adipura memberikan catatat bahwa para pengembang masih cukup lemah dalam managemen pengelolaan lingkungan bersih dan hijau. Sebagian besar, perumahan di Banyuwangi belum memiliki TPSA yang memadai. Beberapa perumahan memang sudah memiliki TPS yang memadai, namun demikian belum mempengaruhi penilaian adipura karena masih sebagaian kecil saja.

Perumahan juga dinilai lemah dalam penataan taman hijau, sebagian besar pengembang perumahan masih belum memperhatikan pentingnya ruang terbuka hijau (RTH). Pembangunan dan penataan dranise di lingkungan perumahan juga dinilai masih lemah dan belum tertata secara baik. ”Intinya pengembang perumahan dinilai belum serius memperhatikan penataan lingkungan yang bersih dan sehat.

Kita akan dorong pengembang lebih perhatian pada lingkungan bersih dan sehat bagi calon konsumennya,’’ cetusnya. Penilaian kebersihan dan sarana pendukung kebersihan memberikan andil yang cukup terhadap kegagalan Banyuwangi mendapatkan piala adipura. Tidak hanya itu, tim Adipura juga memberikan catatan terhadap prilaku masyarakat dalam membuang sampah.

Pengelohan sampah kering dan sampah basah, belum menjadi tradisi bersih dan sehat secara maksimal. Masyarakat Banyuwangi masih perlu didorong terus untuk mampu menciptakan budaya membuang sampah pada tempatnya. “Partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat nilainya masih rendah,’’ ungkap Arief.

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Latihan Sea Survival dan SAR Digelar di Selat Bali