Pawai Tolak Bala Sore Ini

0
183

pawaiBANYUWANGI – Puncak peringatan ke-229 hari kebesaran Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin akan berlangsung hari ini (10/3). Namun, para calon peserta Cie Swa (kirab tolak bala) dari seantero Nusantara su dah mulai berdatangan ke tempat ibadah Tri Dharma Hoo Tong Bio, Banyuwangi, sejak kemarin (9/3). Ya, sejak pagi kemarin panitia sudah sibuk menerima Kim Sin (rupang atau patung dewa-dewi) dari para peserta.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tidak tanggung-tanggung,  selain dari Jawa Timur (Ja tim), para peserta Cie Swa tersebut juga datang dari sejumlah kota besar di tanah air. Mereka datang dari Denpasar, Semarang, hingga Ja kar ta. Oei Peng Gie, anggota panitia seksi sembahyang mengatakan, ritual Cie Swa bertujuan menghindarkan wilayah Banyuwangi dari bencana. “Tujuannya, membersihkan wilayah Banyuwangi dari segala bentuk bencana,” ujarnya kemarin.

Sekadar tahu, sebelum Cie Swa berlangsung, rangkaian acara akan di dahului atraksi liang-liong dan barongsai yang akan berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 11.00 hari ini. Setelah itu, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan upacara sembahyang bersama untuk mengawali kirab ritual tolak bala tersebut Tepat pukul 12.00, Kim Sin yang dibawa para tamu di tempatkan dikio (tandu). Nah, setelah itu, pada pukul 15.00 kirab tolak bala dimulai.

Start di depan Klenteng Hoo Tong Bio, rombongan akan menyusuri jalanan di pusat Kota Gandrung. Kirab tersebut akan diikuti perwakilan vihara dan tem pat peribadatan di Pulau Jawa, Madura, dan Bali. Rangkaian acara HUT Klenteng Hoo Tong Bio ke-229 tahun ini akan ditutup dengan atraksi liang-liong dan barongsai yang akan dilaksanakan mulai pukul 19.00 hingga 21.00. (radar)

Loading...