PBB Sumbang PAD Rp 20 M

0
396

Realisasi 85 Persen pada November 2012


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga November 2012 ternyata sudah mencapai 85 persen atau sekitar Rp 20 miliar. Dari pemasukan Rp 20 miliar itu, Banyuwangi mendapatkan bagian sekitar 60 persen. Yang 40 persen menjadi hak pemerintah pusat. Walau sudah tercapai 85 persen, tapi pundi-pundi itu belum masuk ke kas daerah.

Plt Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Banyuwangi, Suyanto Waspo Tando Wicaksono mengatakan, penarikan PBB tidak langsung masuk kas daerah. Penarikan PBB disetorkan pada rekening kas negara di beberapa bank. Setelah uang masuk di kas negara, baru kemudian dibagikan kembali kepada daerah. “Tahun ini merupakan tahun terakhir pembagian pendapatan PBB,” jelasnya.

Pada tahun 2013 mendatang, kata Suyanto, penerimaan PBB akan masuk 100 persen pada rekening kas daerah. Pusat tidak mendapatkan hak lagi dari penerimaan PBB perkotaan dan perdesaan. Pada anggaran 2013, pemerintah pusat akan menyerahkan sepenuh pengelolaan PBB pada Banyuwangi. Sedianya, penyerahan pengelolaan PBB itu sudah tahun 2012 ini.

Loading...

Namun, karena terlambat mengajukan permohonan, maka baru direalisasikan pada tahun 2013 mendatang Dalam pembahasan RAPBD 2013 mendatang, penerimaan dari PBB sudah diproyeksikan masuk 100 persen tidak lagi 40 persen. Pada tahun-tahun sebelumnya, penerimaan PBB dalam APBD hanya 60 persen dari pagu yang ada.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2