PDIP Membuka Bursa Bacabup

0
249

BANYUWANGI – Suhu politik di Banyuwangi sudah mulai menghangat seiring akan dihelatnya pesta demokrasi pemilihan bupati (pilbup) tahun 2015 mendatang. Sejumlah parpol sudah mulai ancang-ancang membuka bursa bacabup 2015. PDI Perjuangan, misalnya, sebagai salah satu partai besar yang mendapat dukungan suara terbanyak di Banyuwangi pada Pileg 2013 lalu, kini sudah berancang-ancang membuka bursa bakal calon bupati 2015 mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, M. Idwirul Abbas mengatakan, secara organisatoris DPC PDI Perjuangan memang belum menerima maklumat langsung dari DPW PDIP Jawa Timur maupun DPP PDIP untuk melakukan penjaringan kader partai yang maju dalam bursa bakal calon bupati (bacabup) 2015 mendatang. Namun, DPC sudah mulai membuka pendaftaran bacabup Banyuwangi 2015. 

Para kader partai tesebut terlebih dulu diseleksi untuk mengikuti uji publik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Ini amanah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubemur, bupati, dan wali kota. Dalam Pasal 38 Perppu Nomor 1 Tahun 2014 disebutkan, bakal calon bupati yang diusulkan partai politik, atau gabungan partai politik, dan perseorangan, wajib mengikuti uji publik.

Dalam pengusulan uji publik tersebut, satu parpol dapat mengusulkan lebih dari satu bakal calon bupati untuk dilakukan uji publik. “Sebelum kita daftarkan dalam uji publik di KPU, kita lakukan seleksi mval diintemal partai terlebih dulu agar bacabup benar- benar teruji,” katanya Meski belum menjaring secara khusus siapa saja yang bakal maju dalam Pilbup Banyuwangi 2015 mendatang, Abbas mengaku sudah mengantongi beberapa nama kader partai yang memiliki truck record (rekam jejak) yang baik dan mumpuni dalam pemerintahan dan politik di Banyuwangi. 

Beberapa nama yang mulai muncul untuk diusulkan mengikuti uji publik bakal calon bupati dari partai Banteng Moncong Putih tersebut, di antaranya wakil Bupati Yusuf Widyatmoko yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, mantan ketua DPRD Banyuwangi periode 2005-2010 Hermanto, Sekretaris DPC PDIP Banyuwangi Made Cahyana Negara yang juga ketua DPRD Banyuwangi saatini.

Loading...

Selain tiga kader pentolan di DPC PDIP Banyuwangi, yang sudah mempunyai kapasitas dan kapabilitas mumpuni tersebut, juga ada dua nama lagi kader partai yang menuliki peluang di calonlcan dalam bursa bacabup 2015 mendatang. Dua nama itu adalah Sugirah, bendahara DPC, dan satu lagi Srikandi DPC PDI Perjuangan, yakni Wiwik Pujiastuti. “Saya kira lima nama ini kader terbaik yang dimiliki partai kita sementara Mereka berpeluang diusulkan mengikuti bursa bacabup 2015,” ujarnya. 

Abbas menambahkan, saat ini partai yang sukses mengantarkan Jokowi JK sebagai presiden ketujuh RI itu juga memiliki kaos mengusulkan cabup Banyuwangi 2015 tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Karena sudah memenuhi syarat perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi di DPRD, atau 10 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan mum angota di DPRD, sesuai Pasal 40 ayat l PERPPU Nomor l Tahun 2014.

“Kita optimistis pada pilbup 2015 PDI Perjuangan masih berjaya diBanyuwangi,” punglcasnya. Sayang, Sekretaris DPC PDIP Banyuwangi, Made Cahyana Negara, enggan berkomentar saat dikonfirmasi terkait bursa pejaringan bacabup tersebut. “Jangan konfirmasi kepada saya. Silakan langsung tanya ke ketua DPC (PDIP),” ujarnya siang kemarin. Sementara itu wakil Ketua DPC PDIP Banyuwangi H. Rudi Santoso mengatakan, secara umum memang belum ada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknik (junknis) terkait penjaringan nama bacabup tersebut. 

Meski begitu, dia sepakat bila lima kader tersebut maju dalam bursa penjaringan bacabup parpol berlambang banteng itu. “Lima kader tersebut sudah teruji di PDI Perjuangan. Selain lima nama tersebut, PDI Perjuangan temp menyerap aspirasi masyarakat dan menimbulkan peluang berkoalisi dengan parpol, jelas lelaki asal Singojuruh yang hobi jelajah negeri dengan motocross itu. Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui telepon tadi malam, Ketua DPC PDIP Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengakui adanya bursa bacabup PDIP tersebut. Namun, dia belum mendengar nama-nama kandidat yang masuk bursa bacabup tersebut. “Darimana bisa muncul nama-nama itu,” tanya lelaki yang kini menjabat wakil bupati Banyuwangi itu. (radar)

Loading...