Pelabuhan Ketapang Sehari Dilewati 15.000 Motor

0
114

kwetapangKALIPURO – Arus balik menuju Pulau Bali mencapai puncaknya kemarin (6/8). Kendaraan yang hendak menuju Pulau Bali terlihat lebih padat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Meski padat, antrean kendaraan tersebut tidak sampai meluber ke jalan raya. Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin, ribuan kendaraan roda dua dan roda empat terlihat antre di halaman parkir Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry (IF) Ketapang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Manager Operasional PT. ASDP IF Cabang Ketapang, Saharuddin Koto mengatakan, gelombang pemudik yang akan kembali ke Bali akan terus berlanjut sampai Minggu. Dia mengakui, kemarin merupakan puncak arus balik. Itu berdasar padatnya kendaraan yang hendak menyeberang ke Bali. ”Hari ini (kemarin, Red) peningkatan arus penyeberangan roda dua, roda empat, dan penumpang,” ujarnya. Meski begitu, belum semua pemudik balik ke Pulau Bali. 

Loading...

”Hari ini ada sekitar 15.000 kendaraan roda dua yang telah menyeberang ke Bali. Kendaraan roda empat sekitar 5.000 unit, dan penumpang pejalan kaki 54.000 sampai 60.000 ribu yang sudah menyeberang,” jelasnya. Saharuddin menegaskan, sampai saat ini jumlah warga yang balik ke Pulau Bali masih belum setara dengan jumlah warga yang mudik ke Jawa jelang Lebaran lalu. ”Warga yang kembali  aru sekitar 79 persen.

 Berarti masih ada 131.000 warga yang belum kembali ke Bali. Roda dua yang kembali masih 49 persen. Yang belum kembali ke Bali sekitar 43.000 unit motor. Sementara itu, roda empat yang kembali masih 79 persen, dan masih sekitar 9.000 unit mobil yang belum kembali,” ujar lelaki yang hobi menyantap pecel rawon itu. Sementara itu, Kapolres Banyuwangi AKBP Tri Bisono Soemiharso memantau kepadatan kendaraan di halaman parkir Pelabuhan Ketapang sore kemarin.   

Di hari terakhir operasi ketupat, Kapolres Tri Bisono  mengakui kendaraan yang hendak menyeberang ke Bali sangat banyak, terutama kendaraan roda dua. ”Untuk mengurai kepadatan hari ini, kita buka dua loket rodaempat. Meski padat, alhamdulillah tidak sampai menyebabkan kemacetan berarti. Kendaraan terlihat ramai lancar,” ujar Kapolres Tri Bisono. (radar)

Loading...