Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Pembalap Asing Dominasi Tour de Ijen

BANYUWANGI – Pamor balap sepeda internasional Banyuwangi Tour de Ijen (BTDI) kian mengilap saja. Meski pelaksanaan kejuaraan yang masuk dalam BanyuwangiFestival 2013 baru akan digelar 2-5  November mendatang, namun sejumlah peserta lokal dan mancanegara sudah memastikan turut ambil bagian dalam ajang tersebut. Penyelenggaraan BTDI yang memasuki tahun kedua ini akan diikuti 25 tim, baik lokal maupun mancanegara.

Rinciannya, dari 25 tim itu, 20 tim berasal dari luar negeri. Peserta asing ini terdiri dari tiga klub pro-kontinental, 12 klub kontinental, dan lima klub luar negeri. Sedangkan untuk peserta dari dalam negeri ada lima tim. Terdiri dari satu tim nasional dan empat klub terbaik. Untuk tim nasional merupakan gabungan dari beberapa klub. Tidak semua tim bisa turut serta dalam ajang ini.

Selain bertaraf internasional, untuk bisa masuk menjadi peserta harus diseleksi secara ketat. Di samping itu ada sisi yang berbeda dalam penyelenggaraan BTDI kali ini. Ajang adu cepat balap sepeda ini akan menjadi bagian dari empat rangkaian Indonesia Grad Prix 2013 atau turnamen resmi seri persatuan balap sepeda internasional (UCI). Selain BTDI, ada pula Tour de Indonesia (TDI), Tour de Bali (TDB), dan Tour de Jawa Barat.

“Ini momentum bagus untuk mengangkat prestasi olahraga balap sepeda di Banyuwangi. Sekaligus mempromosikan Banyuwangi sebagai tujuan kota wisata,” ujar Guntur Priambodo, Ketua BTDI 2013. BTDI kali ini akan memakan rute sejauh 600 km. Perlombaan sendiri terbagi dalam empat etape. Ragam karakteristik jalan dan wilayah Banyuwangi akan menjadi suguhan bagi para pembalap. Setiap stage, peserta akan melalui jalan pedesaan dengan pemandangan persawahan, perbukitan, laut, sungai, hingga pegunungan. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE