Pemkab Banyuwangi Lengkapi Alat Medis di RSUD Genteng

0
743


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GENTENG-Pemkab Banyuwangi terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya dengan menambah fasilitas alat kesehatan canggih di rumah sakit milik pemerintah. Terbaru, RSUD Genteng sebagai salah satu rumah sakit milik pemerintah, kini dilengkapi dengan  alat bedah tulang dan otot, dan itu satu-satunya di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan pemerintah daerah berkomitmen untuk melengkapi fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Selain  meningkatkan SDM kesehatan dengan mencakup dokter spesialis, Banyuwangi juga terus menambah alat-alat medisnya, termasuk alat artroscopy, yakni alat medis di  bidang orthopedic atau bedah  tulang, otot, dan persendian.

“Kami terus melengkapi alat- alat medis untuk memaksimalkan kinerja dokter dalam melakukan pengobatan bagi masyarakat. Dengan layanan yang semakin lengkap dan baik,  maka permasalahan kesehatan  bisa ditangani dengan cepat. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke daerah lain kalau akan berobat,” kata Bupati Anas.

Pengadaan arthroscopy itu, terang Bupati Anas, melengkapi alat-alat medis canggih yang di miliki oleh RSUD. Selain arthroscopy, RSUD Genteng juga telah memiliki alat EEG (elektoensefalogram). Alat itu  untuk mengetahui adanya gangguan isiologi fungsi otak dan alat laparoskopi untuk melihat rongga perut dengan tindakan sederhana.

“Ini salah satu bentuk pemerataan fasilitas kesehatan di Banyuwangi, kami tidak hanya mencukupi kebutuhan RSUD Blambangan yang ada di kota, RSUD Genteng juga kami lengkapi peralatannya untuk  memudahkan masyarakat di wilayah Banyuwangi Selatan menikmati fasilitas kesehatan,”  jelas Bupati Anas.

Kabupaten Banyuwangi memiliki dua RSUD, yakni RSUD Blambangan di Kota Banyuwangi dan RSUD Genteng yang letaknya 35  km arah selatan dari Banyuwangi. RSUD Genteng ini didirikan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan warga Banyuwangi di kawasan Selatan.

Direktur RSUD Genteng, dr. Indah Sri Lestari, mengatakan arthroskopi adalah alat canggih  untuk mengatasi semua masalah  persendian, baik pada usia lanjut  maupun muda. Keunggulan alat medis ini operasi hanya dilakukan dengan sayatan yang sangat minim dan penyembuhannya lebih cepat.

“Arthroskopi kelebihannya luka sayatan operasi yang dibuat lebih kecil. Dengan cara ini tindakan  kepada pasien akan berlangsung lebih singkat dari pada prosedur  konvensional. Pasien akan lebih  nyaman, rasa sakit lebih sedikit dan proses penyembuhan lebih cepat,” ujar dr. Indah.

Menurut dr. Indah proses penggunaan arthroskopi ini dokter akan membuat dua luka sayatan kecil. Sayatan yang pertama untuk memasukkan kamera (endoscopic camera), dan sayatan  kedua untuk memasukkan alat  yang akan bekerja.

“Jadi saat dokter bekerja, pasien dapat melihat prosesnya lewat kamera video yang disambungkan ke layar yang tersedia,  sehingga pasien dapat mengetahui masalah yang dialaminya,” jelasnya. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :