Penambang Rakyat Hijaukan Tumpang Pitu

0
311

PESANGGARAN –  Mayoritas penambang rakyat menggelar penanaman bibit pohon di kawasan gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kemarin. Kegiatan yang dilakukan serentak tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen para penambang akan pentingnya penghijauan. Sebab, di lokasi tersebut banyak lubang yang sudah tidak aktif.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Penanaman bibit pohon tersebut dilakukan secara serentak di area yang rusak akibat adanya lubang yang tidak dipakai. Sebelum menaman, mereka bersama-sama melakukan pengurukan di lokasi tersebut. Sikap gotong royong tersebut menindaklanjuti hasil pertemuan dengan pihak Perhutani Banyuwangi Selatan, Rabu pekan lalu.

Para penambang yang diwakili tim sebelas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Penambang (TS LPMP) Banyuwangi itu juga mengajak tokoh masyarakat desa setempat. Bahkan, ada aparat dari Polda Jatim dan Polres Banyuwangi ikut memantau pertemuan di kantor Perhutani tersebut. Hasil pertemuan tersebut diterima baik oleh semua pihak. Sebab, langkah tersebut diyakini sebagai solusi tepat mengenai kisruh yang selama ini terjadi.

‘’Kita kerja bakti ini untuk menutup lubang lalu menanam bibit pohon jati dan mahoni,’’ ujar  ketua tim sebelas M.Yunus Wahyudi kepada RaBa kemarin siang. Ratusan pohon jati tersebut merupakan bantuan dari Perhutani. Selain itu, para penambang rakyat juga melakukan swadaya untuk menambah kekurangan pohon. ‘’Bibit-bibit pohon itu juga hasil dari swadaya kami, jadi ini murni bentuk tanggung jawab kami tentang akan pentingnya penghijauan,’’ sebutnya. (radar)