Pengunjug Gunung Ijen Membeludak

0
467

pengunjuyngLICIN – Objek wisata Gunung Ijen masih menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik (wisdom) dan mancanegara. Pada liburan Nyepi beberapa hari lalu, Ijen menjadi jujugan wisatawan. Jumlah pengunjung pun membeludak dibandingkan hari biasa.

Jumlah pengunjung yang memadati kawasan wisata alam Gunung Ijen meningkat drastis. Jumlah Wisata saat liburan Nyepi lalu mencapai 2.418 orang. Sementara itu, turis asing jumlahnya 52 orang. “Jumlah tersebut meningkat dibandingkan hari-hari biasanya,” ujar Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Banyuwangi, Pujiadi.

Pujiadi menuturkan, wisdom yang mengunjungi kawasan wisata Gunung Ijen tidak hanya dari Banyuwangi. Wisatawan lokal luar Banyuwangi juga mendominasi membeludaknya pengunjung Gunung Ijen itu. “Iya, dari luar kota juga banyak yang datang ke Gunung Ijen mulai Jumat sampai Minggu kemarin.

Dari Bali juga banyak yang ke sini? tuturnya. Banyaknya pengunjung ljen dari BaIi bukan tanpa sebab. Selain liburan Nyepi, mereka memilih mengunjungi Gunung Ijen karena ingin menikmati fenomena alam berupa blue fire.

Jarak Bali dan Banyuwangi yang begitu dekat menjadi satu alasan mengunjungi Gunung Ijen. MUlai semalam (Sabtu maIam 21/3) saya sudah sampai digunung Ijen. Di Bali tidak ada aktivitas Nyepi. Saya muslim jadi tidak merayakan Nyepi,” “kata Rudi, pengunjung asal Singaraja, Bali.

Meski pendakian malam masih ditutup karena meningkatnya gas beracun. Larangan itu tidak menyurutkan niat pengunjung ljen untuk melihat blue fire yang konon hanya ada dua di dunia. Para pengunjung tetap setia menunggu dibukanya pintu masuk menuju Kawah Ijen pada pukul 04.00.

“Karena baru di buka pukul 04.00 subuh, jadi kita harus segera berangkat juga waktu pintu dibuka biar tetap bisa melihat blue fire,” terang Rahmat, pengunjung asal Mojokerto. (radar)