Penjual Buku Loakan Panen

0
427

BANYUWANGI– Tahun ajaran baru tidak semuanya harus serba baru. Sebab, bagi mereka yang berkantong tipis, seragam bekas dan buku-buku layak pakai tetap menjadi pilihan jitu untuk mengurangi jumlah pengeluaran.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Keadaan inilah yang dicoba dikais oleh pedagang buku bekas di Jalan Letkol Istiqlah, Lingkungan Panderejo, Kelu-rahan Singonegaran, Banyuwangi. Jika pada hari-hari biasa, toko buku bekas ini sepi pembeli, namun sejak tahun ajaran baru dimulai, banyak pembeli berdatangan.

Tidak heran, satu-satunya toko buku bekas di Banyuwangi itu selalu jadi jujukan
orangtua siswa atau para siswa sendiri. Karena harganya yang cukup terjangkau dan persediaan buku yang cukup lengkap. Tentu saja, hal ini membuat omzet penjualan buku bekas naik. Itu karena orang tua siswa lebih memilih buku bekas karena harganya jauh lebih mu-rah dibanding yang baru.

“Kalau biasanya hanya laku 30 buah sehari, sekarang bisa mencapai 100 buah sehari,” ujar Sampawe, 73, yang mengaku sudah 22 tahun membuka usaha penjualan toko buku bekas. Toko buku bekas ini memang sangat menguntungkan bagi mereka yang dananya pas-pasan. “Di sini saya bisa mendapatkan buku yang sama dengan selisih hingga 90 persen lebih murah. Padahal, kualitas bukunya masih bagus,” kata Imam, 29, salah seorang pembeli.(radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :