Pentas Perdana setelah Lebaran

0
459
HIBURAN: Penampilan orkes gambus di Taman Blambangan Sabtu malam lalu (6/10).

BANYUWANGI – Setelah libur panjang puasa dan Lebaran, kegiatan pentas aktualisasi seni dan budaya kembali digelar Sabtu malam kemarin (6/10).

Pentas terbuka di Taman Blambangan Banyuwangi itu tetap menyedot ratusan penonton. Sebelum acara di mulai sekitar pukul 19.30, penonton sudah memadati tenda yang disediakan panitia.

Saat pertunjukan mulai, ratusan orang terus mengalir untuk menyaksikan orkes gambus (OG) yang ditampilkan.

Sejak dibuka hingga pertunjukan selesai, penonton tetap tidak beranjak dari tempatnya. Malam itu, OG Mayami asal Kecamatan Kalibaru menyuguhkan tiga artis untuk menghibur warga Banyuwangi Masing-masing artis membawakan beberapa lagu menggunakan bahasa Arab.

Walau menggunakan musik Jazirah Arab, namun penonton tetap antusias menyaksikan pertunjukan seniman lokal itu. Di sela-  sela pertunjukan orkes danhadrah, panitia menampilkan seni lawak. Malam itu, pelawak  Bodos dan kawan-kawan tampil menghibur masyarakat di Taman Blambangan.

Usai penampilan lawak Bodos, giliran grup hadrah Al-Banjari yang beraksi menghibur penonton. Tidak kalah dengan orkes gambus, penampilan hadrah Al-Banjari dari Kelurahan Penataban, Kecamatan Giri itu juga cukup menyedot perhatian penonton.

Di akhir acara, musik gambus dan hadrah berkolaborasi menyuguhkan hiburan menarik. “Respons masyarakat terhadap acara ini, luar bisa. Kita terus akan kembangkan acara ini agar tetap menarik dan enak ditonton,” ujar Kabid Kebudayaan Disbudpar, Setyo Puguh Widodo. (radar)