Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Perampok Nasabah Bank Gentayangan

DIPUKUL PAKAI BESI: Polisi melihat pecahan kaca mobil setelah dirusak perampok
Pecah Kaca Mobil, Gondol Rp 10 Juta

BANYUWANGI – Kota Banyuwangi semakin tidak aman. Dalam dua hari berturut-turut, aksi perampokan menimpa dua nasabah bank. Modus operandinya sama, yakni pelaku sama-sama mengincar mangsanya sejak dari bank. Begitu korban lengah, pelaku langsung menggasak uang milik korban yang ditinggal dalam mobil.

Kejadian terbaru menimpa Abdulah siang kemarin. Uang Rp 10 juta yang disimpan dalam mobil amblas dibawa kabur perampok. Saat kejadian, mobil tersebut tengah parkir di Jalan Thamrin, Banyuwangi. Pelaku menggondol uang tunai senilai Rp 10 juta dengan cara memecah kaca mobil terlebih dahulu.

Kejadian tersebut bermula ketika Abdullah baru mengambil uang dari Bank BCA. Setelah itu, dia meluncur ke Indomaret untuk membeli pulsa. “Kejadiannya sekitar pukul 11.00,” ucap Abdullah yang kemarin terlihat masih lemas.

Sesaat setelah memarkir mobil, Abdullah masuk ke dalam minimarket tersebut. Ketika dia masuk, seorang tak dikenal berusaha memecah kaca mobil Izusu Panther miliknya menggunakan besi. “Mobil saya parkir di depan Indomaret menghadap ke barat,” ujarnya.

Kapolsek Blambangan AKP Ary Murtini mengatakan, aksi nekat pencuri tersebut terekam dalam CCTV (closed circuit television) milik Indomaret. Namun entah kenapa, ketika dia berusaha memecahkan kaca mobil, tak seorang pun di sekitarnya merespons niat buruk pelaku tersebut.

Padahal, terlihat dalam CCTV ada seorang wanita yang lewat di dekat mobil bernomor polisi P 736 VI itu. “Pelaku memukul kaca mobil milik korban lebih dari satu kali,” imbuh Ary.

Dalam rekaman CCTV, sebelum memecahkan kaca mobil, pelaku mencoba membuka pintu. Namun, setelah mengetahui pintu mobil terkunci, pelaku yang tidak sendiri tersebut memukulkan sebuah alat menyerupai besi ke kaca mobil.

“Setelah kaca berhasil dipecahkan, pelaku langsung melarikan diri,” ujar Ary. Kemudian, setelah korban keluar dari minimarket dan berjalan menuju mobilnya, dia baru menyadari bahwa kaca mobilnya pecah. Setelah dicek, uang tunai Rp 10 juta miliknya raib.

“Kita mendapatkan laporan dan langsung mengejar pelaku yang melarikan diri itu. Berdasar rekaman CCTV, pelaku berdua bersama temannya,” jelas Kapolsek. Menurut keterangan beberapasaksi mata di lokasi kejadian, pelaku melarikan diri menggunakan sepeda motor Yamaha Mio. Mereka melarikan diri ke arah barat setelah berhasil mengambil uang tunai itu.

“Parkir sepeda motornya di depan mobil itu, kemudian langsung ngebut,” ujar saksi mata.Sehari sebelumnya (21/3), aksi pencurian juga menimpa seorang nasabah bank. Kejadianya persis di depan counter telepon genggam sebelah Masjid Baiturrahman, Banyuwangi.

Tidak tanggung-tanggung, uang tunai Rp 50 juta milik Nr, 25, warga Rogojampi, digasak pencuri. “Sebelumnya, korban mengambil uang di Kecamatan Jajag. Kemudian mampir di tempat saudaranya,” jelas Ary.

Terkait pencurian ini, kata Ary, pelaku tidak merusak mobil milik korban. Jadi, pencuri hanya membuka pintu kanan mobil dan kemudian mengambil uang tunai yang tergeletak di jok tengah. “Jaraknya pun tidak terlalu jauh antara mobil dan korban,” sebut kapolsek. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE