Periksa Lansia Jelang Salat Jumat

0
233

periksaBAJULMATI – Beragam inovasi terus dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam melayani warga yang ditinggal di wilayah kerjanya. Salah satu program inovatif itu dilakukan oleh Puskesmas Bajulmati, Wongsorejo. Program tersebut diberi nama Jusia Segar Puspita singkatan dari Jum’at Bersama Lansia Segar Bugar di Puskesmas Pilihan Kita. Kegiatan ini berupa jemput bola pelayanan kepada lansia menjelang Salat Jumat di Masjid.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Jusia Segar Puspita dilaksanakan di semua desa di wilayah kerja Puskesmas Bajulmati. Masing-masing desa diambil satu masjid. Dipilih masjid yang banyak jumlah jamaahnya Mereka diperiksa kesehatannya dan diobati bila ada yang menderita penyakit. Bila memerlikan penangan lanjutan, mereka dirujuk ke Puskesmas. Semuanya dilakukan dengan gratis. Lansia memang memerlukan perlakuan khusus untuk pemeriksaan kesehatannya, jadi perlu untuk jemput bola dalam menanganinya.

Meski sasaran hanya untuk lansia, tetapi tidak menutup layanan bagi yang belum lansia bila ada yang ingin periksa. Dalam melaksanakan kegiatan ini, Puskesmas Bajulmati bekerja sama dengan takmir masjid, MWC NU, dan juga Kecamatan Wongsorejo. Camat Wongsorejo, Alief R Kartiono SE,MM, yang ikut serta dalam kegiatan ini sangat mengapresiasi inovasi ini. Diharapkan, selain sebagai tempat ibadah, masjid juga bisa untuk kegiatan kegiatan sosial seperti kegiatan dari Puskesmas Bajulmati ini.

“Sehingga fungsi masjid bisa diberdayakan. Tidak hanya sebagai sarana ibadah, tapi bisa untuk semua kegiatan kemasyarakatan seperti pada masa Rasulullah,” ungkapnya Ketua MWC NU Wongsorejo, Ha lili, S.Ag, yang juga ikut hadir berharap kegiatan ini berlanjut te rus dan berkesinambungan. “Kami mengajak semua pi hak untuk mendukung dan berperan aktif, terutama warga nahdliyin dalam program ini,” ungkap Halili.

Kepala Puskesmas Bajulmati H.M Sadhiq S.Kep, M.Mkes mengaku senang karena kegiatan ini disambut baik oleh jamaah. ”Ino vasi jemput bola kepada lan sia ini diluncurkan karenaba nyak lansia yang tidak sempat datang ke posyandu-posyandu lansia yang digelar setiap bulan karena beberapa hal. Me reka kita jemput di masjidmas jid. Sehingga yang tidak sem pat datang di posyandu bisa terlayani di sini,” pungkas Sadhiq. (radar)

Loading...