Periksa Tulang Keropos Lansia

0
234
OSTEOPOROSIS: Seorang wanita lansia diperiksa tulang kakinya.

WONGSOREJO-Puskesmas Gerbang Berdarah kembali melakukan kegiatan sosial kese-hatan. Kali ini, sasarannya para orang lanjut usia (Lansia) yang berada di wilayah Puskesmas Bajulmati. Mereka diperiksa kekeroposan tulangnya. Tak kurang dari 170 lansia hadir dalam kegiatan, yang bekerja sama dengan MWC NU Wongsorejo sebagai wujud bakti umat.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kegiatan yang disponsori produsen susu kalsium tinggi di wilayah Banyuwangi itu diawali dengan penyuluhan gizi untuk lansia. Materi penyuluhan dipaparkan oleh konsultan Gizi. Acara dilanjutkan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Puskesmas. Sedangkan, pemeriksaan kepadatan tulang dilakukan oleh tim. Ada juga pemberian suplemen dan minum susu kalsium tinggi bersama.

Dengan kegiatan semacam itu, harap Kepala Puskesmas Gerbang Berdarah HM. Shadiq, SKep, MMKes, bisa terjalin hubungan yang saling membutuhkan antara Puskesmas dan masyarakat. Terutama para lansia. “Tujuan dari kegiatan ini adalah lebih mendekatkan layanan kesehatan lansia sedekat mungkin dengan masyarakat kecil dan masyarakat tak mampu,” terangnya.

Shadiq berharap, kegiatan semacam itu bisa terus diadakan secara berkesinambungan. Tujuannya, imbuh dia, guna mengetahui seberapa banyak masyarakat yang ada di wilayah kerjanya, yang mengarah ke osteoporosis. Tetapi, mereka masih dapat diperbaiki kepadatan tulangnya. Termasuk mengetahui para lansia yang sudah osteoporosis. “Seyogyanya kegiatan ini bisa dilaksanakan tiga bulan sekali,” harapnya. (radar)

Loading...