Perlu Latihan Mencetak Kuda Pacuan

0
364
MENCARI BAKAT: Pengurus Pordasi menggandeng perkumpulan arisan pemilik kuda kencak di Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

BAGAIMANA menghasilkan kuda ideal untuk sebuah perlombaan? Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menentukan kuda tunggangan dalam lomba. Hal tersulit dalam menilai seekor kuda adalah kondisi fisik dan konstruksinya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Posturnya, apakah sudah atletis? Apakah ada cacat fisik? Apakah jalannya sudah tegak dan lurus? Apakah langkahnya benar atau silang? Selain itu, perlu juga dicek kondisi mata, telinga, napas, kerongkongan, perut, dada, kaki, kuku dan sebagainya. “Ada banyak yang mesti dilihat. Itu menjadi hal yang menentukan dalam memilih dan memberi penilaian harga kuda,” ujar Siswo Budi P, Ketua Harian Pordasi Banyuwangi.

Budi menambahkan, kalau semua kriteria ter sebut sudah dipenuhi, masih ada lagi yang harus diperiksa yaitu perangai dan karakter kuda tersebut. Pemandangan saat kuda suka menggigit, kuda suka menendang, kuda suka berdiri, kuda suka berhenti, semua harus dipertimbangkan sebelum menentukan sebuah pilihan Dan, yang tidak kalah penting adalah mengenai budget yang disediakan. Harga kuda sangat bervariasi, tergantung jenis kelamin, pedigree, tinggi kuda (kelas), RAS (Sandel, Pony atau G, KPI, Th oroughbred), prestasi kuda, prestasi induknya, prestasi bapaknya, warna, dan ciri-ciri fisik kuda.

Selain itu, tidak kalah penting adalah bentuk latihan yang diberikan. Latihan dilakukan secara bertahap yakni draf. Kuda dilatih berjalan dengan langkah teratur dalam beberapa putaran untuk membentuk otot dan ketahanan kuda. Latihan selanjutnya adalah kenter, la tihan ini dilakukan dengan berlari untuk membentuk dan meningkatkan kekuatan napas dan otot kuda. Latihan tahap berikutnya adalah gallop. Kuda dipacu dengan kekuatan penuh untuk meningkatkan otot dan ke kuatan kuda. Dalam latihan ini joki harus fokus mengatur kekuatan dan irama langkah kuda agar berlari cepat. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :