Petani Bongkoran Demo di Kecamatan

0
432

Klaim Tanah HGU Kapuk Miliknya


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

WONGSOREJO – Petani dari Lingkungan Bongkoran, Dusun Karangrejo Selatan, Desa/Kecamatan Wongsorejo, berunjuk rasa di kantor Kecamatan Wongsorejo kemarin. Para pendemo menuntut pemerintah agar memperhatikan nasib petani Bongkoran terkait sengketa lahan yang mereka tempati sekarang.

Demo yang diikuti sekitar 100 orang itu berlangsung singkat. Massa datang diangkut truk dan naik sepeda motor. Begitu sampai di kantor Kecamatan Wongsorejo, pendemo berorasi sembari mengacungkan poster. “Ini tanah leluhur kami. Ini tanah adat kami. Kami tak mau pindah,’’ teriak pendemo.

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan pendemo. Antara lain, mereka minta pemerintah agar segera mengukur kembali tanah yang mereka tempati. Kedua, pendemo tidak mau pindah karena mengklaim tanah yang mereka tempati adalah miliknya. Nenek moyang mereka lama tinggal di situ dan dianggap yang
membabat alas.

“Ini tanah leluhur kami. Berpuluh-puluh tahun kami tinggal di sini,’’ kata Yateno, koordinator pendemo. Demo kemarin berlangsung damai. Meski begitu, puluhan personel dari Polres Banyuwangi diterjunkan untuk mengamankan unjuk rasa tersebut. Kades Wongsorejo dan camat Wongsorejo sempat menemui pendemo. Keduanya merespons tuntutan pendemo. Mereka berjanji akan menampung aspirasi petani Bongkoran tersebut.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last