Petani Semangka Waspadai Kutu Merah

  • Bagikan

petanisemangkaMUNCAR – Hujan yang mengguyur wilayah Muncar dalam beberapa hari belakangan dirasakan imbasnya bagi petani. Ada petani yang diuntungkan karena ketersediaan air mencukupi. Di sisi lain, musim hujan itu juga memunculkan kekhawatiran tersendiri, terutama bagi petani semangka. Hujan yang turun belakangan ini membuat petani semangka harus ekstra hati-hati menjaga ta namannya.

Pasalnya, hujan dirasakan tidak terlalu menguntungkan bagi tanaman semangka. Sebab, hujan bisa meningkatkan populasi beberapa hama. Salah satu hama yang kini dikeluhkan adalah kutu merah. Hama tersebut menyerang tanaman semangka. Bila terserang hama tersebut, tanaman semangka akan layu dan perkembangan buah kurang maksimal.

“Kutu merah saat ini banyak,” ujar Siswanto, salah satu petani semangka. Untuk menanggulangi hama tersebut, para petani harus kerap menyemprotkan pestisida. Cara itu dipandang efektif dalam mengendalikan hama. Siswanto berharap musim hujan dan peningkatan populasi hama kutu merah tidak mengganggu harga semangka. Idealnya, saat ini merupakan musim panen semangka. Harga diharapkan bisa terkatrol lebih baik. ”Bulan depan di Muncar panen raya semangka,” kata Siswanto. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: