PLN Siapkan 60 MVA

0
187
Agung Surana

BANYUWANGI – Meroketnya pertumbuhan ekonomi Banyuwangi berdampak pada me-ningkatnya kebutuhan listrik. Sebelumnya, di Provinsi Jawa Timur (Jatim), Banyuwangi tergolong daerah yang minim konsumsi listrik. Namun, dalam setahun terakhir kebutuhan setrum di Bumi Blambangan tumbuh cukup signifikan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bahkan, Banyuwangi berpotensi menjadi daerah dengan konsumsi setrum terbesar di Jatim. Bupati Abdullah Azwar Anas mengunjungi kantor PLN Sabtu lalu (7/7). Kunjungan itu untuk melihat langsung kesiapan PLN dalam mendukung tumbuhnya investasi di Kota Gandrung.

Dalam paparannya di depan Bupati Anas, Manager Area PLN Cabang Banyuwangi, Agung Surana, menyatakan siap menyuplai berapa pun ke butuhan listrik industri di Banyuwangi. Kata dia, perkembangan industri yang cukup pesat di Banyuwangi menjadi kon sumen listrik terbesar di Jawa Timur.

Agung membeberkan, permintaan listrik untuk kebutuhan pabrik Bosowa sedang da lam pembangunan mencapai 15 MVA (mega volt ampere) atau setara dengan 15 juta watt lis trik. PT. Kertas Basuki Rahmat (KBR) saat ini telah meng gunakan setrum sekitar 3.450 KVA (kilo volt ampere).

Saat ini, pabrik itu telah mengajukan per mintaan penambahan daya menjadi 27.425 KVA atau setara 27.425.000 watt. Suplai listrik ke kawasan industri Wongsorejo, beber Agung, PLN telah menyiapkan pa sokan listrik sekitar 60 MVA. “Pasokan listrik 60 MVA itu nanti akan disalurkan dari gar du induk yang terletak di bawah to wer PLN Bali Crossingyang segera dibangun di Ketapang,” ungkap Agung.

Angka 60 MVA, kata Agung, bukan batas akhir pasokan daya listrik yang disiapkan PLN. Jika pasokan 60 MVA yang disiapkan masih kurang, maka PLN siap menambah kapasitas. “Demi kelancaran industri, berapa pun permintaan listriknya akan kami sediakan,” kata Agung.

Agung menambahkan, banyaknya konsumsi listrik di suatu wilayah meng gambarkan tingkat kemak muran wilayah tersebut. Banyuwangi merupakan daerah yang pertumbuhan konsumsi listriknya cukup signifikan. “Kami berharap itu juga mengindikasikan semakin makmurnya rakyat Banyuwangi,” cetusnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :