PMI Dorong Aksi Kemanusiaan

0
312
TERIMA KASIH: Nurhadi memberikan piagam penghargaan kepada DSS, kemarin. HUT PMI juga ditandai potong tumpeng dan kerja sama dengan Dispendik.
TERIMA KASIH: Nurhadi memberikan piagam penghargaan kepada DSS, kemarin. HUT PMI juga ditandai potong tumpeng dan kerja sama dengan Dispendik.

BANYUWANGI—Kaum muda saat-nya tampil dalam aksi kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Aksi kema-nusiaan itu bisa diwujudkan dalam hal penanganan bencana, masalah kesehatan, donor darah, pelestarian lingkungan, serta perubahan iklim.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pesan itu disampaikan oleh Wakil Ketua PMI Cabang Banyuwangi DR. H. Nurhadi, MM saat menjadi pembina upacara hari ulang tahun (HUT) PMI-67, di halaman PMI Ca-bang Banyuwangi, kemarin (17/9). Upacara tersebut diikuti segenap pengurus dan anggota PMI, terma-suk PMR dan KSR. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi Drs. Sulihtiyono, MM juga mengikuti upacara tersebut. Sedianya, Ketua PMI yang juga Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi Yusuf Widyatmoko dijadwalkan hadir. Namun, Wabup berhalangan, karena bertepatan dengan acara lain.

Nurhadi mengatakan, PMI saat ini tengah mendorong dan mening-katkan keikutsertaan relawan muda untuk berpartisipasi aktif di setiap gerakan kemanusiaan. Sejak dini, mereka harus didorong untuk ber-peran menjadi agen atau pelopor untuk menyebarkan pemahaman kepada sebayanya dan masyarakat.

“Khususnya mengenai pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidu-pan saat ini,” katanya.
Dikatakan, dalam kurun waktu 67 tahun, PMI menghadapi banyak sekali tantangan, hambatan, dan rintangan. Saat ini, PMI semakin tegar dan matang dalam mengha-dapi kejadian bencana, konflik dan persoalan sosial yang melanda ma-syarakat. Usia yang terus bertambah tentunya tidak membuat pergerakan PMI menjadi tidak dinamis. ”Tan-tangan ini justru menjadi semangat dan motivator bagi PMI untuk terus menggiatkan tugas-tugas kemanu-siaannya,” tambahnya.

Untuk itu, hari ini PMI Banyuwangi dan Dispendik Banyuwangi akan menandatangani MoU (memoran-dum of understanding). Dalam nota kesepahamanan itu disebutkan bahwa sekolah-sekolah diharapkan memiliki kepengur usan Pa lang Merah Remaja (PMR) sebagai wujud
misi PMI.

Dalam kesempatan itu, Nurhadi juga menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada donordarah sukarelawan (DDS) 10 kali dan 25 kali. PMI juga memberikan penghargaan kepada instansi yang telah membantu pelaksanaan bulan dana PMI. Dalam kesempatan itu, hasil program kerja yang telah diraih oleh PMI Banyuwangi juga dibeber-kan. Di antaranya, PMI Banyuwangi telah dipercaya oleh PMI Norwegia dalam program peningkatan kapa-sitas masyarakat dalam mengha-dapi bencana alam. “Kepercayaan PMI Norwegia ini tanpa alasan, sebab PMI Banyuwangi dinilai masuk kategori level 1 di mana salah satu-nya kinerja pengurus sangat bagus,” ungkap mantan Kepala Dispendik Banyuwangi itu. (Radar)

Loading...