PMII Aksi Tanam 1.000 Pohon

0
474

pmiiUntuk Memperingati Hari Bumi Sedunia

GENTENG – Puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Eksakta, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibrahimy, Kecamatan Genteng, memperingati Hari Bumi dengan cara menanam ribuan pohon di sepanjang Jalan KH. Hasyim Asy’ary, Genteng, kemarin. Saat melakukan penanaman pohon di sepanjang tepi jalan raya tersebut, para mahasiswa juga melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan aksi simpatik itu.

“Pada Hari Bumi ini ada seribu pohon saman (trembesi) yang kita tanam,” kata koordinator lapangan (korlap) Muhammad Makhrus. Menurut Makhrus, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bumi itu juga bertujuan menanamkan dan menggugah kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, agar tanggap dan peduli terhadap kelestarian bumi dan lingkungan.  

“Pohon yang kita tanam ini milik anggota PMII,” ujarnya. Bumi Indonesia saat ini, terang dia, telah mengalami kerusakan akibat perbuatan oknum yang tidak bertanggung jawab. Hutan yang sebelumnya menjadi daerah resapan air diubah menjadi hutan produksi. Karena itu, pihaknya mengajak semua pihak, khususnya yang ada di Banyuwangi, agar turut serta menjaga lingkungan.

“Salah satu caranya dengan melakukan reboisasi hutan yang gundul,” jelasnya. Kegiatan menanam pohon itu, lanjut dia, akan dilakukan selama dua hari di sepanjang Jalan KH. Hasyim Asy’ary dan sekitar Kampus STAI Ibrahimy. “Jadi, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari diikuti para anggota PMII Rayon Eksakta,” ungkapnya. (Radar)