Pohon Beringin Angker Ini Memiliki Sejarah Asal Usul Desa di Siliragung

0
469
Pohon beringin dibelakang Balai Desa Kesilir. (suarabanyuwangi.com)

SILIRAGUNG – Pohon beringin pada umumnya memiliki keterkaitan erat dengan cerita mistis. Seperti yang tumbuh dibelakang Balai Desa Kesilir, terdapat pohon beringin yang cukup tua nan besar berumur kurang lebih sekitar dua atau tiga abad.

Menurut cerita masyarakat sekitar, pohon beringin tersebut juga tidak bisa dipisahkan dengan sejarah atau asal usul Desa Kesilir bahwa beringin tua dengan ketinggian sekitar 30 meter ada cerita mistis dan sejarahnya.

Loading...

Menurut Makruf warga sekitar, pohon rindang yang berada sekitar pasar tersebut memang terlihat singklu.

“Pohon itu memang terlihat menyeramkan saat malam hari, pernah tiba-tiba pohon beringin bergerak seperti di terpa angin, padahal waktu itu tidak ada angin,” kata Makruf (25/8/2017).

Lebih lanjut, pemuda Desa Kesilir tersebut menceritakan, sempat beredar kabar di kalangan warga sekitar, bahwa beringin tua tersebut di huni oleh mahluk halus sejenis genderuwo dan mahluk berambut panjang.

Hal senada juga di utarakan Kamidi, warga yang tinggal di sekitar pohon beringin membenarkan desas desus dari warga. Selain itu, Dirinya juga menceritakan mengenai sejarah Desa Kesilir yang berkaitan erat dengan pohon berumur tiga abad itu.

“Dulu ada seorang pertapa dari Alas Purwo yang berteduh di bawah pohon beringin itu, dan seorang pertapa merasakan silir-silir (hembusan angin), dan akhirya desa yang disinggahi diberi nama Kesilir”. Kata Kamidi.

Cerita tersebut menurut  pria yang juga sesepuh PSHT setempat, dari kakeknya yang sudah lama meninggal dunia. “cerita tersebut saya degar dari kakek saya. Bahwa pohon itu berkaitan kuat dengan asal usul desa,” Pungkasnya. (suarabanyuwangi.com)

loading...


Kata kunci yang digunakan :