Pohon Beringin Tumbuh di Atas Cerobong

0
264

pohonSEMPU – Ada pemandangan aneh yang kini menjadi perhatian warga yang melintas di jalan raya Pasar Sempu, Kecamatan Sempu. Sebuah pohon beringin tumbuh hingga besar di pucuk Cerobong asap bekas pabrik padi milik PT. Pertani. Pohon beringin di puncak cerobong asap itu tidak punya akar yang menancap ke tanah. Sebab, akarnya berada di bagian atas Cerobong yang sudah tidak berfungsi lagi itu. Posisinya yang mudah dilihat dari pusat keramaian dan stasiun kereta api (KA), membuat pohon beringin itu sering menjadi perhatian warga.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bahkan, turis mancanegara yang turun di stasiun KA Kalisetail, Desa Kecamatan Sempu, kerap memandang tanaman tersebut. Biasanya begitu turun dari sepur, mereka langsung mendekat ke lokasi untuk mengabadikan pohon beringin tersebut dalam bentuk gambar. Salah satu tokoh masyarakat setempat, Sunjoyo, mengatakan belum bisa diketahui kapan pohon beringin itu tumbuh di atas cerobong asap pabrik padi milik PT. Perpani yang kini sudah tidak berfungsi tersebut. Sampai saat ini, jelas dia, juga tidak diketahui orang yang menanam pohon beringin itu. 

Loading...

“Kemungkinan pohon tersebut tumbuh sendiri. Bibitnya dibawa burung yang bersarang di situ,” duganya. Pohon beringin tumbuh di atas Cerobong tersebut, terang dia, memang mengundang perhatian banyak orang. “Warga pun khawatir sewaktu-waktu pohon itu tumbang. karena akarnya tidak menancap ke tanah,” ujarnya. Menurut Sunjoyo beberapa tahun lalu pernah terjadi hujan deras di sertai angin kencang di Desa/ Kecamatan Sempu. Saat itu warga khawatir pohon tersebut bakal tumbang dan Cerobong dengan ketinggian sekitar 20 meter itu ikut roboh.

“Tapi ternyata tidak, pohon beringin dan cerobong tetap berdiri tegak.” ungkapnya. Cerobong dan pabrik penggilingan padi itu dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Saat itu, jelas dia, peralatan yang digunakan masih kuno dan membutuhkan tempat pembuangan asap. Sekitar tahun 1990an pabrik penggilingan padi itu sudah tidak digunakan lagi. PT. Pertani membangun pabrik barudi sisi selatan dengan mesin yang lebih modern. “Sejak saat itu Cerobong itu nggak dipakai, kemudian tumbuh pohon beringin itu,” terangnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :