Pohon Nyaris Menimpa Rumah

0
361

pohonnyarisSEMPU – Angin kencang yang me landa sejumlah kawasan di Banyuwangi Selatan mulai membuat petaka. Banyak pohon tumbang aki bat di terjang angin kencang kemarin (9/1). Seperti yang terjadi di Dusun Genitri, Desa Gendoh, Kecamatan  Sempu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sebuah pohon sengon yang tumbuh di tepi jalan tumbang dan melintang di tengah jalan Tidak hanya itu, robohnya pohon tersebut juga nyaris menimpa rumah milik Srikanti, 47. Beruntung, batang pohon tersebut tertahan sebuah kabel PLN. Sehingga, pohon tumbang tersebut tidak sampai mengganggu kendaraan yang melintas. Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi menyebutkan, pohon tumbang ter sebut tidak sampai memutus jaringan PLN.

Loading...

Hanya saja, kabel ja ringan listrik itu melar dan melengkung. Sampai siang kemarin, pohon tersebut masih belum dipotong. Sutrisno, warga Dusun Genitri mengatakan, pohon tersebut roboh sekitar pukul 09.00. ‘’Andai saja kena rumah, jelas rusak,” kata pekerja bangunan tersebut. Di lokasi lain, cuaca ekstrem membuat papan reklame milik Pemkab Banyuwangi di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, roboh. Bahkan, pohon yang tumbuh di sekitar kantor Kecamatan Singojuruh juga ambruk. ‘’Memang cuaca saat ini ekstrem.

Semua warga harus hati-hati,” ujar Camat Singojuruh, Nanik Machrufi , kemarin. Camat Nanik mengimbau warga agar waspada terhadap fenomena alam tersebut. Dia meminta warga bertindak cepat dengan mengepras dahan pohon yang sudah lapuk. ” ini semata-mata sebagai upaya pencegahan dan antisipasi,” katanya.  Berkaitan hal itu, salah satu warga sudah mulai mengepras pohon yang lapuk di jalan raya, masuk Dusun/Desa Gumurih, Kecamatan Singojuruh. Daun pohon yang dikepras tersebut bakal dijadikan makanan ternak. ‘’Ini bahaya kalau tidak dipotong,” ujar Beni, warga Desa Gumirih, di sela-sela mengepras pohon kemarin. (radar)