Produk Bank Syariah Belum Maksimal

0
281

syariaahBANYUWANGI – Sebagian besar nasabah bank syariah di Banyuwangi hanya memanfaatkan produk tabungan haji dan gadai emas. Warga belum maksimal memanfaatkan produk bank syariah. Nasabah Bank mandiri Syariah (BSM), misalnya, mayoritas hanya memanfaatkan layanan produk haji dan gadai emas.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Produk bank syariah kurang maksimal karena pemahaman masarakat terhadap produk bank syariah tidak beda dengan produk Bank konvesional. “Produk haji dapat respons nasabah karena pemerintahan mengatur tabungan haji dan talangan haji di bank syariah,” ungkap Kepala BSM Banyuwangi, Djoko Saptadi. Produk bank syariah, seperti tabungan, deposito, giro maupun pembiayaan, kata Djoko, jauh berbeda dengan produk bank konvensional.

Bedanya, bank syariah menggunakan sistem bagi hasil. Sayang, nasabah masih beranggapan produk bank syariah sama seperti bank konvensional,” terang Djoko. Nasabah BSM didominasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan konsumen. Dua segmen tersebut dianggap paling prospektif saat ini. “Usaha pertanian, pangan dan pengolahan makanan sangat porspektif katanya.

Sementara itu, sektor industri masih sepi, karena perusahaan manufaktur di Banyuwangi belum terlalu banyak. Namun, BSM mulai menjajaki ranah industri. “Saat ini kami merambah ke sektor industri, di antaranya menawarkan produk pembiayaan kapal di pelabuhan,” ungkap Djoko. (radar)

Loading...