PT KAI Rutin Cek Rem dan Roda Benjol

0
432
Sejumlah Pegawai KAI mendorong gerbong yang sudah diperbaiki di stadion Banyuwangi Baru Ketapang.

Perbaiki Gerbong Agar Layak Operasi

KALIPURO – Berbagai macam perbaikan gerbong dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Perawatan rutin mulai dari kelistrikan dan rem dilakukan setiap hari khususnya oleh bagian bengkel depo gerbong di stasiun Banyuwangi Baru, Ketapang, Kalipuro, pagi kemarin (5/6).

Banyak kerusakan kecil pada enam unit gerbong KA dan harus segera diperbaiki. Jarang ada kerusakan serius yang dialami oleh gerbong kelas ekonomi tersebut. Sementara ini pergantian suku cadang dilakukan secara rutin dan berkala sesuai dengan prioritas serta tingkat keparahan.

Loading...
Petugas juga mengecek chasis KA agartidak terjadi gangguan selama perjalanan.

Kepala Ruas Loosd Stasiun Banyuwangi Baru Tri Umrowanto mengatakan, pihaknya selalu mengutamakan keselamatan penumpang meski kerusakan tergolong ringan. “Meski kerusakan kecil harus segera dilakukan perbaikan agar gerbong tetap biasa beroperasi untuk memenuhi kuota penumpang,” ujar Tri Umrowanto.

Perbaikan rutin dilakukan setiap hari termasuk pengencangan baut pada rangka bawah. Para pegawai juga sering menemukan kerusakan seperti as patah, taskom tidak menempel pada taspot, bearing pecah, pegas daun putus.

“Kerusakan seperti itu harus segera dilakukan perbaikan agar tidak merambat dan menjadi kerusakan yang bersifat parah,” imbuhnya. Prioritas perbaikan pada rangka bawah dan juga pengereman sangat penting.

Pengecekan roda benjol dan penggantian kaca akrilik dengan ketebalan 5 mm  pada jendela gerbong kerap dilakukan karena terkena batu saat gerbong beroperasi. Kebanyakan gerbong KAI kelas ekonomi yang mengalami kerusakan seperti KAI Tawangalun, KAI Purbowangi, KAI Sritanjung dan KAI Mutiara Malam Timur.

Sementara ini, dari enam gerbong, sudah siap dua gerbong yang besok akan beroperasi kembali.  “Semua gerbong yang sudah diperbaiki dan layak untuk beroperasi saat angkutan Lebaran 2017 harus ada stiker atau cap centang OK dari Dirjen Perkeretaapian,” tandas Tri Umrowanto. (radar)

loading...
SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

JAYA TEKNIK melayani servis AC KULKAS MESIN CUCI DLL HUB 085321106214 BANYUWANGI KOTA
07/28/2017
Banyuwangi