Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

0
470

rusak-padiPadi Diserang Hama Batang Cokelat

MUNCAR – Puluhan hektare (ha) tanaman padi di wilayah Desa Kumendung. Kecamatan Muncar, diserang hama batang cokelat. Akibatnya, tanaman padi yang sudah menguning itu terancam gagal panen.

Kepala Desa (Kades) Kumendung, Mahammad Husain, 47, mengatakan dari luas sawah 280 ha di desanya, sekitar 40 persen diperkirakan rusak diserang hama wereng. “Petani resah semua, sepertinya nyaris tidak panen ini,” katanya.

Kades Husain menyebut, melihat tanaman padi yang rusak karena terserang hama batang cokelat. Para petani dipastikan mengalami kerugian cukup besar. “Kerugian petani Rp 10 juta per hektare,” ungkapnya.

Saat tanaman padi itu masih berumur se-bulan, terang dia, petani bersama Gapoktan dan Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan (Dishutbun) telah melakukan penyemprotan masal. Tetapi, setelah dilakukan penyemprotan masal itu, tanaman tetap rusak.

“Sudah disemprot pestisida,” katanya. Parahnya, terang dia, serangan hama wereng itu malah semakin menggila. Dalam dua hari, satu hektare lahan padi di desanya langsung menguning dan kecokelatan seperti gosong, “Kalau sudah seperti ini, mau diapakan lagi,” ujarnya.

Seorang petani Desa Kumendung, Supriyadi, 50, mengatakan serangan hama wereng itu mulai muncul ketika usia tanaman padi memasuki usia 50 hari. Hama itu menyerang pangkal batang “Berulang kali disemprot, hasilnya tetap saja,” keluhnya. (radar)