Puluhan Rumah Ambrol

  • Bagikan

puluhanrumahhBANYUPUTIH – Sungai di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, meluap Jumat malam lalu (11/1). Peristiwa itu mengakibatkan sebagian rumah warga rusak parah lantaran diterjang banjir bandang. Banjir bandang yang disertai banjir rob di Kecamatan Banyuputih itu menimbulkan kerusakan cukup parah. Diperkirakan, sedikitnya 30 rumah warga mengalami kerusakan.

Dari sekian banyak rumah, yang paling parah adalah rumah milik Rumokso, 48, dan Alwi, 40, warga Desa Sumberanyar. Banjir yang berasal dari luapan sungai di sekitar Desa Sumberanyar tersebut diketahui berasal dari tiga sungai, yakni Sungai Bangeran, Sungai Curahtemu, dan Sungai Kalompret. Ketiga sungai itu tidak mampu menampung debit air di malam itu. Atas insiden itu, aparat kepolisian dan TNI bertindak cepat. Petugas gabungan tersebut langsung membantu warga yang rumahnya roboh. Selain merusak puluhan rumah warga, banjir bandang itu juga merendam ratusan rumah di tiga dusun hingga setinggi pinggang orang dewasa “Jumlah pasti kerusakan akibat banjir bandang dan banjir rob itu masih kita data.

Saat banjir, saya berada di Dusun Ranurejo. Airnya se tinggi pinggang saya. Di hilir, ketinggian air diperkirakan bertambah,” terang Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin. Data yang berhasil di kumpulkan, banjir bandang itu juga merusak sebuah musala dan 12 perahu nelayan. Selain itu, tangkis sungai juga banyak yang ambrol. “Air sudah surut, dan warga dibenahi rumah masing-masing,” ujar Tikno, warga lain. Warga berharap, banjir bandang yang disertai banjir rob itu tidak terulang lagi, “Kami hanya bisa berharap kejadian itu tidak terulang lagi,” kata Bu Ati, warga Desa Sumberanyar, kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi. (radar)

Baca :
Pasien RSUD Blambangan Jatuh dari Lantai Dua Bangunan Proyek, Luka Serius Lalu Tewas
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: