Pusat Hibahkan Wisata Ponton senilai Rp 10 M

  • Bagikan

WONGSOREJO – Status Banyuwangi sebagai salah satu kota wisata bakal semakin lengkap. Itu menyusul rencana bantuan pemerintah pusat dalam bentuk fasilitas wisata ponton di ujung timur Pulau Jawa tahun ini. Bantuan itu merupakan hibah langsung senilai Rp 10 miliar dari melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Secara nasional, bantuan itu akan tersebar di lima lokasi di seluruh Indonesia, yakni Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Di wilayah Jawa, Banyuwangi patut merasa beruntung karena wisata ponton itu akan ditempatkan di Bumi Blambangan. Kabar akan diterimanya bantuan wisata ponton itu akan disampaikan Ketua Kelompok Nelayan Bangsring, Ikhwan Arief, kemarin (12/4). Dia menuturkan, Banyuwangi menjadi salah satu kota yang beruntung karena menerima  bantuan fasilitas wisata ponton dari pemerintah pusat. “Bentuknya hibah dari pusat senilai Rp 10 miliar,” bebernya. 

Dia menambahkan, objek wisata tersebut sejauh ini memang belum terlalu dikenal di Indonesia. Sebab, keberadaannya masih jarang. Kini wisata jenis itu hanya ada satu, yakni di Nusa Penida, Bali, dengan pengelolaan pihak swasta. Bantuan itu nanti direncanakan akan diletakkan di sekitar perairan Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Ini bukan tanpa alasan. Sebab, wilayah yang mendapat bantuan wisata ponton memiliki sejumlah syarat atau kriteria.

Di antaranya, akses menuju lokasi mudah, dekat pantai, didukung kelompok nelayan, dan ada kelengkapan biota karang di dalamnya. “Karenaitu, wilayah Bangsring yang memiliki konservasi terumbu karang seluas 5 hektare itu dipandang layak mendapatkan bantuan wisata ponton. Semoga tahun ini bantuan itu bisa direalisasikan,” harapnya. Wisata ponton itu nanti diharapkan bisa mendukung potensi wisata di Banyuwangi.  

Calon wisatawan bisa menikmati serunya berwisata seperti di wahana air umumnya. Tidak hanya bermain air, wisatawan juga bisa diving sembari menikmati keindahan bawah air. Itu yang menjadi syarat. Wisata ponton harus ditempatkan di lokasi konservasi terumbu karang. Bangsring dikenal sebagai salah satu sentra konservasi terumbu karang di wilayah Banyuwangi Utara. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: