Puskesmas Kertosari Dirikan LBH Kesuma

0
525
SEPAKAT: Rapat pembentukan LBH Kesuma di Puskesmas Kertosari, Kecamatan Banyuwangi kemarin lusa.

BANYUWANGI -Pusat Kese-hatan Masyarakat (Puskes-mas) Kertosari, Banyuwangi bertekat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Kemarin lusa, Puskesmas itu mendirikan Laskar Bina Usaha, Kesehatan Untuk Se-mua (LBH Kesuma).

Dalam pertemuan di aula Puskesmas tersebut disepa-kati berdirinya LBH Kesuma yang diketuai Achmad Touwil Firdaus. Sebagai pelindung Camat Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi. Sedangkan, KH. Achmad Sidiq Wahid sebagai penasehat. ”Berdirinya LBH Kesuma ini manfaatnya banyak sekali untuk masyarakat,’’ terang drg.Wahyu Primawati, Kepala Puskesmas Kertosari, kemarin.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, peran LBH Kesuma sebagai pemberi pertimbangan atau advisory agency dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan upaya kesehatan di Puskesmas. Selain itu, sebagai pendukung atau supporting agency, baik yang berwujud inansial, pemikiran maupun te\naga dalam penyelenggaraan upaya kesehatan di Puskesmas.

Juga sebagai pengontrol atau controlling agency dalam rangka tranparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan upaya kese-hatan di Puskesmas. ”LBH Kesuma sebagai mediator antara pemerintah dan masyarakat di Puskesmas,’’ jelas Wahyu. Dengan berdirinya LBH Ke-suma di Puskesmas Kertosari, lanjut Wahyu, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat.

”Dalam upaya penyelenggaraan kesehatan yang bermutu dan mendorong masyarakat berpartisipasi dalam upaya kesehatan guna meningkatkan mutu dan pe-merataan,” cetusnya. Di samping itu, lanjut dia, untuk menjalin kerja sama dengan masyarakat dan pe-merintah.

Tentunya berkaitan dengan kesehatan, menam-pung, dan menganalisa aspi-rasi masyarakat. ”LBH Kesuma dapat membe-rikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi Puskesmas, dalam program, kebijakan, dan kriteria Puskesmas,’’ sebut Wahyu. (radar)

Baca :
Diduga Mabuk, Dua Pria Tewas Kecelakaan