Rajin Apel Dapat Penghargaan

0
159
RAJIN APEL: Kepala Dinkes Hariadji Sugito memberikan penghargaan kepada Ni Made Ardani, Senin pagi (9/7)

BANYUWANGI-Pegawai negeri sipil (PNS) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabu-paten Banyuwangi telah terbiasa mengikuti apel pagi dan sore. Hal itu terungkap dari evaluasi semester I tahun 2012. Nah, pegawai yang rajin apel itu mendapatkan apresiasi dari Dinkes.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala Dinkes Banyuwangi H. Hariadji Sugito, SKM, MM, mengatakan, penerapan disiplin PNS itu merupakan target utama dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik. Terkait penerapan kedisiplinan, kata dia, para PNS Dinkes akan kembali menggiatkan presensi kepegawaian.

“Apel pagi dan sore digalak-kan untuk menekan angka indisiplinier pegawai,” tandasnya kemarin. Ditambahkan, kedisiplinan akan lebih ditingkatkan terus, meski sudah bagus. Khususnya di lingkungan Dinkes. Sebab, kesehatan merupakan bagian dari ujung tombak pelayanan di kabupaten ini.

Apalagi, masyarakat dan tenaga Puskesmas selalu berkunjung kesitu, sehingga penerapan disiplin harus dimulai dari Dinkes. “Selain memang peningkatan harus dilakukan demi pencapaian kinerja melalui tanggung jawab masing-masing,” imbuhnya.

PNS yang tak mengindahkan hal ini, lanjut dia, tentu akan menjadi salah satu rekomendasi terkait penilaian kinerja PNS sesuai Peraturan Pemerintah No 53/2010. “Kami akan mengumumkan dalam setiap evaluasi apel setiap bulan, siapa karyawan yang paling rajin dan siapa saja yang malas.

Ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera bagi yang malas sekaligus dijadikan pemicu semangat bagi yang rajin, juga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pemerintah,” papar Hariadji. Pada apel pagi Senin (9/7), diberikan penghargaan kepada pegawai yang paling rajin mengikuti apel pagi dan sore.

Pegawai yang paling rajin mengikuti apel pagi dan sore pada semester I tahun 2012 itu adalah Ni Made Ardani, SST. Dalam sambutan apel pagi, Hariadji menyampaikan terima kasih pada semua pegawai yang telah rajin mengikuti apel pagi dan sore. Dinkes sudah berupaya meningkatkan semangat dan kinerja petugas. Salah satunya dengan telah melatih cara baris- berbaris dan tata cara apel yang benar.

Bahkan, secara rutin memberikan penghargaan setiap semester untuk pegawai yang rajin apel. “Bukan penghargaannya yang dijadikan sebagai tujuan, tetapi sebagai pelayan masyarakat seharusnya tidak hanya memberikan pelayanan standar. Namun bisa berbuat lebih baik dan meningkatkan pelayanan lebih baik lagi,” pesan Hariadji. Sebagai aparat pemerintah, imbuh dia, hendaknya bisa menjadi contoh dan tauladan. “Baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja atau lingkungan masyarakat,” harapnya.(radar)

Loading...