Ramai-ramai Nyekar ke Makam

0
218
BACA YASIN: Tampak peziarah berdoa di makam leluhurnya.

BANYUWANGI – Hampir semua makam di Kabupaten Banyuwangi dipadati para peziarah kemarin. Mereka, sengaja datang ke kuburan orang tua yang sudah meninggal, atau leluhurnya untuk menyampaikan doa-doa. Dalam ziarah kubur ini, mereka juga membersihkan sekitar makam dan membaca surat yasin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

“Setiap akan puasa (Ramadan) dan hari raya Idul Fitri, kami selalu datang ke makam orang tua yang sudah lama meninggal,” cetus Budi, warga Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi. Demi mendoakan orang tuanya dalam ziarah kubur ini, Budi rela datang ke Desa Kemirin, Kecamatan Glagah, yang berjarak sekitar 12 kilometer dari rumahnya.

“Makam orang tua saya memang ada di Desa Kemiren,” katanya saat akan membeli bunga di Banyuwangi kemarin. Ziarah ke makam yang dilakukan warga menjelang puasa, terlihat paling ramai kemarin. Hal ini, karena ada informasi sudah ada yang akan melaksanakan puasa pada Jum’at (hari ini). “Kita ziarah ke makam itu, setiap menjelang puasa,” kata Imam, warga yang nyekar di makam Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :