Ratusan Lansia Ikrar Bersama

0
622
DUKUNG IKRAR: Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meneken ikrar lansia.

PURWOHARJO-UPTD Puskesmas Grajagan yang dikepalai H.M. Sutoyo, SKM, MM mengadakan acara gebyar lansia pada Selasa, 29 Mei 2012. Acara bertema “Sinerginya Gebyar Lansia Sehat dan Bahagia dengan Anak TOKCer dan Harga Pas” , itu dalam rangka untuk meningkatkan kualitas harapan hidup bagi lansia. Selain itu, untuk meningkatkan tumbuh kembang anak secara optimal.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Harapannya nantinya ada hubungan timbal balik saling menguntungkan antara lansia dan generasi penerusnya. Dengan begitu, di Purwoharjo tidak ada lagi lansia yang tidak disantuni. Begitu juga balitanya akan dipelihara oleh ke- luarga yang sadar gizi (Kadarzi) hingga tumbuh optimal berkualitas dan cerdas. Menurut Sutoyo, program lansia secara aktif ada tiga pilar, yaitu tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, tetap berperan di keluarga dan masyarakat. “Tetap mendapat pengamanan dan keamanan,” sebutnya.

Acara gebyar lansia dihadiri oleh pejabat tinggi Pemkab Banyuwangi dan para pengusaha. Tak ketinggalan para lansia anak TK serta PAUD. Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Ny Ipuk Fiestiandani Azwar Anas didampingi istri Wakil Bupati Ny Minuk dan istri Sekda Ny Slamet Karyono. Camat Purwoharjo beserta Muspika, kepala dinas dan instansi, serta seluruh kepala Puskesmas se Kabupaten Banyuwangi, juga hadir. Kepala desa se Kecamatan Purwoharjo, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Purwoharjo beserta jajarannya, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, turut meramaikan.

Para Pengusaha juga mendukung suksesnya acara, yakni PT. Ratu Nusantara, Toko Sepeda Sahabat Jajag, Klinik PHC Ka- liboyo Purwoharjo, ECMC (East Cape Mining Coorporation), Klinik Sumber Sentosa Curahjati, Toko Sembako dan Pertanian Lestari Curahajati, Susu Lactona, Apotik Cuplis Farma Glenmore, Toko Pertanian Arum Tani Curahjati, KSP “AGM” Desa Grajagan, dan Putri Langsing. Yang bikin meriah, peserta gebyar terdiri dari 300 lansia, 750 anak TK dan PAUD, 130 guru TK dan PAUD, serta 200 ibu TK dan PAUD.

Acara dimulai pukul 06.30 sampai 12.00. Ada juga cek kesehatan yang dilanjutkan sosialisasi perilaku hidup sehat. Cek kesehatan medis dilakukan oleh Puskesmas Grajagan, Klinik Sumber Santoso, dan mahasiswa UBI. Pemeriksaan Iridologi dan pijat bio listrik oleh PT Ratu Nusan- tara. Sedangkan tes darah oleh Apotik Cuplis Farma Glenmore sebagai tindak lanjut program peduli sehat. Senam bersama lansia diikuti oleh seluruh hadirin. Selanjutnya, para lansia dan undangan menyanyikan lagu Kadarzi.

Minum susu dan makan ikan bersama diikuti anak TK dan PAUD, yang bekerjasama dengan pen- gusaha sapi perah Desa Glagahagung. Pentingnya minum susu juga diso- sialisasikan. Sedangkan minum susu bersama lansia, diberikan kandungan susu berkalsium dan protein tinggi. Dilanjutkan penyuluhan perilaku hidup sehat untuk lansia. Para lansia juga membacakan ikrar lansia, yang di antara isinya siap mengisi hidup. Bahkan siap berperan aktif dan mendukung program Anak TOKCer dan Harga Pas.

Ikrar itu ditekan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Purwoharjo, Kepala Puskes- mas Grajagan, dan Ketua Paguyuban Lansia. Ketua Tim PKK Kabupaten Ipuk Fi- estiandani sempat menanam pohon trembesi secara simbolis di halaman Kantor Puskesmas Grajagan. Penanaman itu diikuti oleh para kepala dinas/instansi. Tak ketinggalan, Ipuk membagikan santunan kepada 15 anak yatim piatu dan fakir miskin sebanyak masing–masing Rp 100.000.

Pemberian santunan yang juga dilakukan istri wakil bupati dan Kepala Dinas Kes- ehatan Hariadji Sugito itu merupakan kerjasama dengan BAZ Purwoharjo. Acara ditutup dengan pembagian hadiah utama dua sepeda gunung. Hadiah dari sponsor itu diserahkan Ipuk kepada dua orang lansia sebagai pemenang. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya