Raung Siaga, Polres Siaga 1

0
374
PLB: Anggota Polres Banyuwangi menggelar apel terkait penetapan status siaga Gunung Raung.

BANYUWANGI – Perubahan status Gunung Raung dari waspada (level 2) menjadi siaga (level 3) disikapi serius jajaran Polres Banyuwangi. Untuk mengantisipasi Gunung Raung meletus, Kapolres AKBP Nanang Masbudi memberlakukan status siaga 1.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Penetapan status siaga 1 itu disampaikan Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Sudjarwo dalam upacara Pemanggilan Luar Biasa (PBL) yang digelar di halaman Mapolres Banyuwangi pukul 11.30 kemarin.

Kondisi Gunung Raung mulai rawan. Status naik dari waspada menjadi siaga,” cetus Sudjarwo. Dengan status siaga itu, seluruh anggota Polri di Polres Banyuwangi harus siaga. Semua harus siap membantu masyarakat bila terjadi kemungkinan terburuk. “Bapak Kapolres telah menetapkan status siaga,” tandasnya.

Dengan status siaga itu, seluruh anggota Polri harus siaga di kantor. Bahkan, semua anggota juga harus tetap siaga meski tengah berada di rumah. Bila sewaktu-waktu tenaganya dibutuhkan, semua anggota harus siap berangkat. “Bila perlu, mulai sekarang siapkan bekal bila ada pemanggilan sewaktuwaktu,” imbaunya.

Selama siaga 1 ini, semua anggota polisi dilarang mematikan hand phone (HP). Selain itu, anggota juga dilarang bepergian ke luar daerah. “Bila memang harus pergi ke luar daerah, harus izin kepada Bapak Wakapolres (Kompol Agus Widodo),” tegas Sudjarwo. Lebih lanjut Sudjarwo mengatakan, tugas yang harus dilakukan aparat kepolisian adalah pengamanan dan evakuasi.

Anggota polisi harus mengamankan wilayah dari gangguan apa pun. “Juga harus membantu mengevakuasi warga yang menjadi korban,” katanya. Kabag ops juga memaparkan, ada sejumlah titik rawan bila Gunung Raung meletus. Daerah rawan tersebut, antara lain Kalibaru, Glenmore, Sempu, Songgon, dan Genteng. “Warga di daerah itu harus waspada,” imbaunya. (radar)

Loading...