Rayakan HUT RI Ke-71, Warga Setail Bikin Replika Kapal dari Sampah

0
3500

Replika-kapal-karya-warga-Dusun-Curahtangi,-Desa-Setail,-Kecamatan-Genteng,-Banyuwangi,-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GENTENG – Cara yang dilakukan warga Dusun Curah Ketangi, Desa Setail, Kecamatan Genteng, untuk memeriahkan HUT  Kemerdekaan  RI ke-71 ini cukup kreatif. Mereka membuat replika kapal berukuran besar di pinggir jalan raya.

Bentuk kapal yang menyerupai kapal Pinisi Nusantara dan dilengkapi layar dari kain merah dan putih itu menarik perhatian warga yang melintas. “Setiap tahun kami membuat pernik-pernik Agustusan,” cetus Joko Sumiyadi, 47, salah satu inisiator pembuatan replika kapal.

Loading...

Untuk membuat replika kapal itu, Joko menyebut bersama warga di kampungnya telah menyiapkan sebulan sebelum Agustus. “Sejak  Juli sudah kita rumuskan bentuk  apa yang mau dipakai,” katanya. Hasil rembuk dengan warga itu, terang dia, disepakati membuat replika kapal.

Pembuatan kapal itu memiliki filosofi masyarakat sedang berada di dalam perahu  kehidupan dan mencari jati diri. “Kita ini sedang berlayar mencari inti kehidupan,” jelasnya. Di samping itu, jelas dia, hiasan berupa wajah butokolo yang dibuat dari pelepah pohon kelapa adalah  simbol sebuah tantangan yang harus  dilalui warga ketika berlayar mencari  arti hidup sesungguhnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2