Rayakan Nisfu Syakban dengan Ider Bumi

0
226
Sejumlah Anak-Anak Ikut Ider Bumi di Dusun Sukolilo, Desa Sukomaju, Kecamatan Srono dengan Membawa Obor.

SRONO-Warga Dusun Sukolilo, Desa Sukomaju, Kecamatan Srono, menggelar ider bumi, Kamis malam (11/5). Acara untuk merayakan malam Nisfu Syakban itu diikuti oleh para orang tua dan anak-anak.

Sambil membawa obor, mereka keliling kampung sambil memanjatkan doa. “lder Bumi ini sudah tradisi yang berlangsung turun temurun dan bertujuan untuk tolak balak,” cetus ustad Sugiato, 4, salah satu tokoh Agama Desa Sukomaju.

Loading...

Ider Bumi yang dilakukan sambil zikir itu, terang dia, selalu digelar setiap malam nisfu Syakban. Untuk kegiatan itu, warga yang ada di kampungnya selalu kompak turun jalan dengan keliling kampung.

“Ini juga untuk menyambut Ramadan yang sudah dekat,” cetus takmir masjid Miftahul Janah itu.  Dalam ider Bumi de ngan keliling kampung itu, jelas dia, orang tua dan anak-anak secara bersama berjalan dengan jarak sekitar dua kilometer dengan stan dan finish di kantor desa.

Berangkat dari kantor desa dan kembali ke kantor desa, jadi jalannya memutar,” ungkapnya. Pada pelaksanaan Ider Bumi ini, masih kata dia, setiap melintasi jalan tikungan atau persimpangan, semuanya berhenti untuk melakukan doa bersama. “Di jalan tikungan atau persimpangan dilakukan azan, iqomah dan do`a qunut, ” katanya.

Ustad Sugianto menyebut, dengan pembacaan azan, iqomah dan doa qunut itu agar semua warga tetap sehat, dimurahkan rizkinya, dan bisa menjalankan ibadah puasa yang akan datang. “Untuk keselamatan warga desa,” ujarnya.

Usai melakukan ider bumi, mereka melanjutkan dengan membaca lontar (syair jawa) dan Surat Yusuf. “Ini dilakukan setiap Kamis malam atau malam Jumat pada pertengahan bulan Syakban, ” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Genteng. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :