Reekap Suara Bisa 3 Hari

0
162

rekap3BANYUWANGI – Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 memasuki tahap paling mendebarkan. Perolehan suara yang berhasil dikumpulkan parpol dan caleg di seantero Banyuwangi segera diketahui. Sebab, sejak kemarin (19/4) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menggelar rapat rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten. Rapat rekapitulasi penghitungan suara tersebut digeber di Gedung Wanita sejak sekitar pukul 13.00.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Setelah dibuka Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin, masing-masing PPK membacakan perolehan suara seluruh parpol, caleg, dan calon anggota DPD. Sayang, hingga berita ini ditulis pukul 19.00 tadi malam, baru sepuluh PPK yang telah selesai membaca perolehan suara di daerahnya. Itu pun ha nya perolehan suara parpol dan caleg DPR RI yang telah di bacakan.

Jika rekapitulasi suara DPR RI itu rampung, selanjutnya akan dilakukan rekapi tulasi perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Rapat rekapitulasi perolehan suara itu berjalan cukup alot sejak kali pertama dibuka. Para saksi yang hadir beberapa kali melontarkan masukan terkait pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara tersebut. Ada yang menyarankan rekap dilakukan hanya sampai pukul 21.00 dan dilanjutkan pukul 08.00 hari ini.

Ada pula yang meminta rekap dilakukan sampai pukul 24.00. Sementara itu, Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin mengatakan, pihaknya memberi kesempatan selebar-lebarnya bagi para saksi untuk “mengkritisi” hasil penghitungan yang di baca kan masing-masing PPK. Keleluasaan serupa juga di berikan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panaslu) dan jajarannya. Menurut Syamsul, rekapitulasi perolehan suara tersebut merupakan bagian dari tahap Pileg 2014.

Menurut dia, jangka waktu rekapitulasi di KPU tingkat Kabupaten/Kota berlangsung mulai tanggal 19 April hingga 21 April besok. “Kita tidak tahu apakah rekapitulasi di tingkat kabupaten ini bisa selesai dalam sehari ataukah tidak. Sebab, yang harus dibaca banyak, mulai parpol, caleg DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,” ujarnya. Syamsul mengatakan, sebenarnya pihaknya berharap rekapitulasi suara selesai sehari.

 Namun demikian, imbuhnya, proses rekapitulasi tersebut tergantung situasi forum. “Kalau memungkinkan selesai dalam satu hari, ya di selesaikan. Kalau tidak, kita punya waktu tiga hari,” paparnya. Syamsul menambahkan, pasca rekapitulasi suara di tingkat kabupaten, KPU Banyuwangi akan menetapkan alokasi kursi DPRD Banyuwangi pada 11 Mei hingga 13 Mei mendatang. “Setelah itu, akan diketahui siapa saja yang berhak duduk di kursi DPRD Banyuwangi.

Kita akan mengumumkan sesuai tahap yang ditetapkan KPU,” tandasnya. Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas yang menghadiri rapat rekapitulasi penghitungan perolehan suara tersebut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat secara langsung mau pun tidak langsung pada proses Pileg 2014. “Sehingga Pemilu di Banyuwangi berjalan aman,” kata dia. Anas berharap Pileg 2014 menghasilkan para anggota DPRD yang produktif. “Karena tantangan yang kita hadapi semakin berat,” pungkasnya. (radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/10/2018
JAKARTA