Refreshing Kader Poskestren

0
446
KADER POSKESTREN: Para santri melakukan praktik P3K.

Puskesmas Yosomulyo Peduli Pesantren


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GAMBIRAN-Banyak cara yang bisa dilakukan demi menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak pesantren. Salah satunya dengan mengadakan  refreshing kader Poskestren (pos kesehatan pesantren). Seperti yang dilakukan oleh Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Yosomulyo Emy Bahagiati, ST.

Sejak menjabat kepala Puskesmas, tak henti-hentinya Emy memotivasi Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Atiiq di Desa Stembel, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi yang diasuh KH. Irfan. Apalagi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi ponpes rata-rata perlu mendapat perhatian dari pihak instansi kesehatan.

Untuk itu, perempuan yang berlatar belakang Sarjana Teknik Lingkungan tersebut berkoordinasi dengan para  stakeholder di wilayah tugasnya. Mereka adalah Camat, Kepala Desa Gambiran, dan karyawan Puskesmas Yosomulyo. Hasil dari koordinasi tersebut, pada Sabtu (28/4) lalu, Puskesmas menggelar  refreshing  kader poskestren.

Kegiatan tersebut menitikberatkan kepada Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), dan Kesehatan Lingkungan (Hygiene Sanitasi). Emy mengakui bahwa poskestren merupakan salah satu wujud Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di lingkungan ponpes.

Dalam upaya itu mengutamakan promotif (peningkatan), preventif (pencegahan) tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan), dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). “Dari refreshing tersebut dihasilkan kesepakatan pelaksanaan poskestren dan merencanakan survei mawas diri,” terangnya kepada RaBa, kemarin.

Emy menuturkan, tujuan mengadakan kegiatan itu adalah merealisasikan imbauan Bupati Banyuwangi  Abdullah Azwar Anas. “Bapak Bupati mengimbau,  untuk selalu dekat dengan masyarakat dan mencari solusi dari segala permasalahan di masyarakat, khususnya di bidang kesehatan,” ungkapnya. (radar)

Loading...

Kredit Sepeda Motor Honda Banyuwangi

Kredit Sepeda Motor Honda Banyuwangi

Dealer Honda Garuda Motor 1 Jajag - Melayani penjualan sepeda motor Honda baru secara tunai/kredit dengan uang muka & angsuran…
03/17/2019
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :