Rela Antre Demi Pecahan Uang Baru

0
990
Untuk mendapatkan pecahan uang baru, puluhan warga rela antre untuk mendapatkan giliran menukarkan pecahan uang baru di kas keliling BI di Bank Jatim Pasar Banyuwangi kemarin.

BANYUWANGI – Hari Raya Idul Fitri masih 18 hari lagi, namun warga sudah ramai memburu uang pecahan baru untuk parcel Lebaran. Seperti yang terlihat pada kas keliling Bank Indonesia (Bl) Jember di kantor kas Pasar Banyuwangi Bank Jatim, puluhan warga antre untuk menukarkan uang pecahan baru kemarin (7/6).

Loading...

Untuk melayani permintaan warga itu, Bl Jember menyiapkan sejumlah pecahan uang baru. Pecahan terkecil yang disediakan Bl adalah Rp 2000 bergambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin.

Sedangkan yang terbesar adalah pecahan uang Rp 100 ribu bergambar Presiden Pertama RI, Soekarno dan Wakil Presiden pertama Muhammad Hatta. Semuanya dikemas dalam satu bendel berisi 100 lembar.

“Ada pecahan Rp 2000, Rp 5000, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Tapi untuk yang menukar uang kita batasi per orang maksimal tiga bendel. Pecahannya bebas,” ujar Petugas Keamanan Bank Jatim, Lukman Hakim.

Pria yang ikut mengamankan antrean bersama Anggota Polisi Militer (PM) itu mengaku penukaran dimulai sekitar pukul 10 pagi. Namun masyarakat sudah antre sebelum penukaran dibuka.

“Kita datang pukul 9.30, tapi bukannya jam 10. Sengaja kita batasi jumlah penukaran uang per orang supaya semua dapat. Ini uangnya sebenarnya dari Bl. Kita hanya membantu menyebarkan. Yang kita bawa hari ini jumlahnya sekitar Rp 1 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, penukaran pecahan uang baru itu sendiri menjadi daya tarik masyarakat karena bentuk uang benar-benar berbeda. Bukan hanya asal rapi dan tampak baru. Seperti yang di katakan Yanti, salah satu warga yang mengkuti antrean.

Dia mengatakan jika cukup sulit memperoleh uang-uang baru di tengah masyarakat. Hanya satu dua saja seperti pecahan uang Rp 10 ribu bergambar Frans Kaseipo atau pecahan uang baru bergambar Soekarno Hatta. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :