Reservasi Belum Maksimal

0
422
SEPI : Penumpang KA Mutiara Timur di stasiun Karangasem, Sabtu malam kemarin (31/3).

BANYUWANGI – Fasilitas reservasi (pemesanan tiket) yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) sejak H minus 90 hari keberangkatan, ternyata masih belum maksimal. Sejak diberlakukan pada 8 Maret 2012 lalu, ternyata penumpang masih belum memanfaatkan masa reservasi tiket selama tiga bulan sebelum keberangkatan itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bila ada pelanggan kereta yang sudah memanfaatkan, ternyata pemesanan tiket itu paling lama hanya sekitar 30 hari menjelang keberangkatan. “Kita beri fasilitas pemesanan tiket ini untuk memudahkan para penumpang,” cetus Kepala Bagian (Kabag) Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daops) IX Jember, Gatut Setyatmoko kemarin (1/4).

Loading...

Pelanggan yang belum memanfaatkan fasilitas pemesanan tiket ini, jelas Gatut, mungkin karena kondisi penumpang yang masih normal. Penumpukan penumpang memang belum terlihat akhir-akhir ini. “Penumpang komersial ini bertambah banyak hanya pada weekend (akhir pekan),” terangnya.

Naiknya angka penumpang KA kelas komersial dan ekonomi ini, imbuh dia, disebabkan perbaikan jalan di wilayah Probolinggo hingga Pasuruan yang belum tuntas. Sepertinya, penumpang bus lebih senang naik KA dibanding dengan bus yang sering macet. “Naik kereta bisa lebih cepat,” terangnya.

Menurut Gatut, pemesanan tiket untuk kelas ekonomi ini ternyata sudah banyak dilakukan oleh penumpang. Para pelanggan, sering kali memesan tiket untuk kelas ekonomi pada H-7. “Untuk kelas komersial, mungkin akan ramai menjelang hari raya Idul Fitri,” katanya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2