Ribuan Pelanggar Dirazia, Terbanyak Tanpa Helm Standar

0
272


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 berakhir Senin (12/11/2018). Selama 13 hari operasi tersebut berlangsung, polisi telah menindak 2.177 pelanggar. Sebagian besar pelanggarannya adalah tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI).

Dari data yang dicatat Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi menyebutkan, dari jumlah 2.177 pelanggar tersebut pengendara yang tidak mengenakan helm SNI mencapai 323 pelanggar, sementara urutan kedua pelanggarannya, yakni tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman sebanyak 170 pelanggar, dan 99 pengendara di bawah umur. (Selengkapnya lihat grafis).

Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Prianggo Malau Parlindungan mengatakan, selama pelaksanaan Operasi Zebra berlangsung, Satlantas tidak menemukan adanya pengendara yang mabuk atau mengonsumsi minum-minuman beralkohol. Satlantas juga tidak menahan motor yang tanpa surat-surat resmi baik operasional maupun kepemilikan alias bodong.

Dari 2.177 pelanggar tersebut, lanjut Kasatlantas Prianggo, pengendara motor mendominasi pelanggaran. Dari jumlah itu pelanggaran merupakan pengendara di bawah umur karena tidak bisa menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Meski Operasi Zebra telah berakhir, dia juga akan terus menggencarkan operasi terhadap pengendara di bawah umur, terutama para pelajar. ”Kami juga akan datang ke sekolah dan meminta peran aktif orang tua untuk meluangkan waktu mengantar dan menjemput putra-putrinya ke sekolah,” jelas Prianggo.

Pihaknya juga masih belum menghitung secara pasti dampak operasi zebra terhadap jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Banyuwangi. ”Kami masih hitung dan pasti akan kami rilis,” tandasnya.

Hasil Operasi Zebra:

1. Jumlah Pelanggar : 2.177 orang
2. Tanpa Helm SNI : 323 orang
3. Melawan Arus : 69 orang
4. Menggunakan HP : 29 orang
5. Pengendara di Bawah Umur : 99 orang
6. Tidak menggunakan Safety Belt : 170 orang
7. Lain-lain : 1.487 Orang
    Jumlah Total : 2.177 Orang

Loading...

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Di sewakan Ruko 3,5 Lt dan Gudang Kantor dan Gudang 2 Lantai & Gudang 3 in 1 Infinia Park Jalan…
12/06/2018
Jakarta Selatan

Kata kunci yang digunakan :