Rogojampi Rekor Tertinggi Pernikah Dini

0
154

rogoBANYUWANGI – Kecamatan Rogojampi tercatat sebagai daerah yang penduduknya paling banyak melangsungkan pernikahan dini, atau pernikahan dengan pasangan masih di bawah umur 20 tahun di Kabupaten Banyuwangi.  ‘Tingginya angka pernikahan dini itu. mendapat perhatian serius dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP & KB) Banyuwangi, dengan memberi bantuan berupa BKB-KIT atau alat peraga kepada kader Posyandu di lima desa yang ada di kecamatan itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala BPP & KB Banyuwangi, Muhammad Pua Jiwa, mengatakan angka pernikahan pasangan pengantin di bawah 20 tahun diwilayah Kecamatan Rogojampi, sampai Oktober 2014 mencapai 252 pasang. “Sampai Oktober 2014. Pasangan pengantin baru di Banyuwangi ada 10.088 pasang,” katanya. Jika tiap tahun di Banyuwangi itu ada 10.088 pasang pengantin baru, terang dia, maka akan ada pengalihan lahan baru sekitar 118 hektare pertahun yang di pakai untuk pembuatan rumah baru.

Loading...

“Ini setara dengan pembentukan tiga desa baru,” terangnya.  Apalagi, lanjut dia, Total Fertility Rate (TFR) atau angka kelahiran total di Banyuwangi itu mencapai 23.036 jiwa, atau jika di rata-rata ada sekitar 1.900 jiwa yang lahir per bulan di Banyuwangi. “Jika ini terus terjadi  dan tidak di rem dengan gerakan KB, maka akan terjadi ledakan  penduduk,” katanya.

Melalui kegiatan kesatuan gerak PKK dan KB Kesehatan yang dicanangkan, Pua berharap tingkat kesadaran masyarakat untuk ber KB di Banyuwangi, terutama di Kecamatan Rogojampi meningkat. Sehingga, jumlah TFR atau angka kelahiran total di Banyuwangi bisa ditekan.  Dalam pencanangan gerakan tersebut, hadir Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, Widji Lestariono, Forpimka Rogojampi, Kepala Desa dan Tim Penggerak PKK Desa Se-Kecamatan Rogogampi, serta kader Posyandu se-Kecamatan Rogojampi.  (radar)

Loading...