RSI Fatimah Operasi Bisum Gratis

0
268

rsiBANYUWANGI – Untuk ke-14 kalinya, Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah Banyuwangi melaksanakan operasi bibir sumbing (bisum). Operasi kali ke-14 ini dilaksanakan Sabtu (10/5) lalu. Sebanyak 12 pasien telah melakukan operasi yang dipimpin oleh dua dokter spesialis bedah plastik, yakni dr. Rubiriana A, Sp.BP, Re dan dr. Radias, Sp.BP. Re. Usia mereka berkisar antara 5 bulan – 22 tahun.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Secara teknis, sebelum dilakukannya operasi ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pasien. Dr. Rusdi Dziban, Sp.B, FINACS sekaligus direktur RSI Fatimah Banyuwangi mengatakan, pasien bibir sumbing harus di-screening terlebih dahulu. Screening merupakan pe me rik saan awal bagi pasien, mulai dari pemeriksaan usia, berat badan, sampai kondisi bibir yang sumbing. Terkadang pen derita tidak hanya mengalami sumbing saja, tetapi juga langit-langit. 

Loading...

Menurut dr. Rusdi, apabila usia pasien sudah lebih dari 3 bulan dengan berat badan lebih dari 5 kg, sudah bisa dilakukan operasi. Namun apabila terdapat langi-langit, operasi akan dilakukan bertahap, setelah usia anak mencapai 8 bulan sampai 1 tahun. “Karena penderita sumbing dengan langit-langit harus sudah ditutup sebelum usia 2 tahun. Kalau tidak segera dioperasi suara penderita akan menjadi sengau.

Apabila ada pasien langit-langit yang sudah berusia 5 tahun tapi langit-langit belum dioperasi (ditutup) maka suara sengau tidak akan bisa hilang,” katanya. Operasi gratis bisum ini merupakan kerjasama RSI Fatimah Banyuwangi dengan CLP (Cleft Lip and Palate) Centre Universitas Muhammadiyah Malang. Rusdi mengimbau pada masyarakat Banyuwangi. Apabila ada saudara atau kerabat yang menderita bibir sumbing segera mendaftar ke RSI Fatimah Ba nyu wangi, semua biaya gratis, dengan kisaran usia 4 bulan sampai 22 tahun. (radar)

Loading...