RSU Bhakti Husada Gelar Pemeriksaa Kanker Leher Rahim Gratis

0
199

rumahsakitGLENMORE – Mendengar kata kanker, yang terlintas di benak kita adalah penyakit menakutkan dan sulit disembuhkan. Berdasar penelitian, kanker leher rahim atau serviks merupakan penyebab kematian terbanyak akibat kanker di negara berkembang. Kanker leher rahim adalah kanker yang tumbuh pada leher rahim (serviks) dan 95 persen disebabkan virus HPV (human papilloma virus). Gejala pada tahap pra kanker/dini biasanya belum timbul.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“ Kalaupun timbul ciri khasnya itu biasanya keluar keputihan yang tidak khas,” jelas dr. Dita Diana Parti, Sp.OG, dokter kandungan di RSU Bhakti Husada, Krikilan, Kecamatan Glenmore. Masa preinvasif atau masa pertumbuhan sel-sel abnormal sebelum menjadi keganasan memakan waktu antara 5 hingga 20 tahun untuk sampai menjadi kanker leher rahim. Oleh karena itu, sebaiknya sejak awal dilakukan pemeriksaan agar dapat dicegah terjadinya perkembangan pertumbuhan kanker tersebut. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan agar tak terjangkit kanker itu adalah menghindari menikah pada usia muda, mengikuti KB, pengobatan intensif sampai tuntas setiap ada infeksi genitalia, melakukan pemeriksaan rutin, dan teratur dengan pap Smear, yaitu metode pemeriksaan standar untuk mendeteksi dini timbulnya kanker leher rahim. Apakah ada vaksinasi untuk mencegah terjadinya kanker leher rahim? Dan siapakah yang harus divaksinasi?

Vaksinasi dilakukan pada wanita usia 9 tahun hingga 26 tahun (belum menikah atau belum pernah berhubungan badan). Vaksinasi pada usia tersebut diharapkan bisa memberikan efek proteksi 100 persen. Bila usia di atas 26 tahun atau sudah menikah tetap dapat diberikan vaksin.” Hanya saja efektivitasnya berbeda, namun penting dilakukan untuk mengurangi risiko,” jelasnya.  

Melihat kondisi itu, RSU Bhakti Husada bersama BPJS Kesehatan Banyuwangi tergerak berpartisipasi aktif memberikan layanan pemeriksaan secara gratis kepada masyarakat, khususnya bagi pemegang kartu BPJS (Askes, Jamkesmas, Jamsostek, TNI/Polri) mulai bulan Juli 2014 sampai Desember 2014. Syaratnya wanita umur lebih dari 30 tahun, sudah menikah, menyerahkan foto kopi kartu BPJS/Askes/Jamkesmas/ Jamsostek/Kartu KTA TNI/ POLRI.

Dengan catatan sebelum dilakukan pap smear hendaknya pasien tidak menggunakan obat-obatanyang dimasukkan lewat alat kelamin, tidak berhubungan intim minimal 2 X 24 jam sebelum pemeriksaan, tidak sedang menstruasi, dan tidak sedang menderita infeksi genitalia. “ Pemeriksaan pap smear dapat dilayani di RSU Bhakti Husada jam 08.00-13.00, setiap hari kecuali hari Minggu, dapat kami layani secara gratis dengan membawa kartu BPJS/ Askes/Jamkesmas/Jamsostek/Kartu TNI/POLRI,” Kata Manager Bidang Pelayanan RSU Bhakti Husada, dr. Niluh Hendrawanti. (radar)

Loading...